Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
Pameran Produk

SAJIKAN PETA CAPAIAN MUTU PENDIDIKAN DIY, LPMP DIY SELENGGARAKAN KEGIATAN PENYUSUNAN PETA MUTU DAN PENGOLAHAN DATA MUTU PENDIDIKAN TAHUN 2020

LPMP DIY selenggarakan kegiatan penyusunan peta mutu pendidikan dan pengolahan data mutu Pendidikan tahun 2020 selama 4 hari dari Selasa hingga Jumat,( 5 – 8 April 2021)  dengan sasaran kegiatan 30 peserta yang meliputi unsur Pengawas jenjang SD, SMP,  SMA dan SLB serta Staf LPMP DIY.

Penyusunan Peta Mutu Pendidikan dan Pengolahan Data Mutu Pendidikan merupakan bagian penting dari Siklus Penjaminan Mutu Pendidikan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun oleh LPMP DIY, sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan  dalam rangka menyajikan Peta Mutu Pendidikan provinsi D.I. Yogyakarta.  Peta mutu dibutuhkan oleh stakeholder Pendidikan Provinsi DIY sebagai dasar dalam merumuskan Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Peta mutu menyampaikan capaian 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang telah dicapai oleh semua jenjang Satuan Pendidikan dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di 5 (lima) Kabupaten/Kota di seluruh wilayah DIY.

Pemetaan mutu tahun 2020 berbeda dengan pemetaan mutu pada tahun-tahun sebelumnya, mengingat pemetaan mutu tahun 2020 dilakukan menyesuaikan dengan kondisi khusus masa pandemi. Banyak kendala yang dihadapi pada pelaksanaan pemetaan mutu kali ini, namun LPMP DIY sebagaimana tahun-tahun sebelumnya tetap menempati posisi teratas dalam hal capaian kuantitas dan kualitas data yang diolah menjadi rapor mutu. Oleh karena itu, plt Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si., memberikan apresiasi istimewa kepada pengawas, kepala sekolah, guru serta petugas pemetaan LPMP DIY atas capaian tersebut.

Saat membuka kegiatan, Minhajul juga menyampaikan bahwa pemetaan mutu kali ini adalah pemetaan mutu yang terakhir kalinya, karena tahun depan pemetaan mutu dilakukan dengan sistem yang berbeda, yaitu melalui asesmen secara nasional. Namun demikian, hasil pemetaan mutu tahun ini tetap dibutuhkan sebagai barometer capaian mutu dan acuan satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan dalam mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang akan datang. (Dwi/2021)

Artikel Lain

PERSIAPKAN ASESMEN NASIONAL (AN), LPMP DIY LAKSANAKAN VERVAL TIK

  Hari Jumat (28/5) LPMP DIY menyelenggarakan Pembekalan kepada sejumlah 30 orang petugas Verifikasi dan …

LPMP DIY SELENGGARAKAN ANALISIS DATA MUTU PENDIDIKAN 2021

LPMP DIY selenggarakan kegiatan analisis data mutu selama 2 hari dari Senin (24/5) sampai dengan …