Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
Pameran Produk

Advokasi dan Sosialisasi Pedoman Mitigasi Resiko dan PHBS

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi hal yang ditunggu-tunggu namun paling dicemaskan di masa Pandemi Covid 19. Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, LPMP D.I. Yogyakarta menggelar kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Pedoman Mitigasi Resiko dan PHBS pada Hari Selasa, 8 Juni 2021 di Gaia Cosmo Hotel Yogyakarta. Kegiatan yang dimaksudkan untuk mengadvokasi dan mensosialisasikan panduan mitigasi resiko dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka persiapan PTM terbatas di satuan pendidikan ini sekaligus menjadi wadah koordinasi pemerintah pusat untuk mewujudkan skenario terbaik serta meminimalisir resiko di lapangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 52 peserta yang terdiri dari unsur pejabat Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, perwakilan Pengawas sekolah, perwakilan Kepala sekolah serta pejabat struktural dan fungsional LPMP DIY dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji. Pada kesempatan tersebut, Baskara Aji menekankan perlunya membangun sinergi antar stakeholder untuk menyukseskan pembelajaran di masa Pandemi Covid 19 dan persiapan PTM terbatas. Sebagai wujud nyata peran LPMP DIY dalam mengawal pembelajaran di masa pandemi, diserahkan Buku Best Practices Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi Tahun 2020 kepada Sekda DIY.

Adapun narasumber pada kegiatan adalah Koordinator Penjaminan Mutu dan Kerja Sama Kemdikbud, Kepala Dinas Dikpora Prov. DIY, Kepala LPMP DIY, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DIY, serta Plt Sekretaris Dinas Dikpora Kab. Bantul, yang mengusung materi Kebijakan Kemdikbud terkait PTM, Implementasi Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, Kebijakan Pemerintah Provinsi, Peran Dinas Kesehatan, dan Praktik Baik Pelaksanaaan Pembelajaran yang Aman di Masa Pandemi Covid 19.

Muara dari kegiatan ini adalah menjaring informasi, rekomendasi dan rencana tindak lanjut yang menjadi acuan penyempurnaan persiapan pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi bagi pemda dan satuan pendidikan. Diharapkan melalui rencana tindak lanjut tersebut dapat terwujud optimalisasi peran masing – masing stakeholder dalam mendukung pelaksanaan PTM terbatas di masa pandemi Covid 19 khususnya di D.I. Yogyakarta.(Retno/PMS/2021)

Artikel Lain

DUKUNG KAMPUS MENGAJAR, LPMP DIY LAKSANAKAN SUPERVISI KE-12 SEKOLAH SASARAN

Kampus Mengajar – saat ini merupakan Batch 1, adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang …

Perkuat Kapabilitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Gelar Diklat Revolusi Mental dan Pengembangan Diri Pegawai

(Sleman , 15 Juni 2021). Pusat  Pendidikan  dan  Pelatihan  Pegawai  Kemendikbudristek  bekerja   sama   dengan   Lembaga   …