Info Penting
ZIWBK

Workshop Publikasi Jurnal Pendidikan LPMP D.I Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Tim Redaksi dalam mengelola Jurnal Pendidikan yang telah terbit sejak tahun 2012, LPMP D.I. Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop Publikasi Jurnal Pendidikan LPMP D.I. Yogyakarta yang dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat,  tanggal 29 dan 30 Desember  2016 mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB bertempat di Aula Permata, Villa Eden 2 Kaliurang Yogyakarta.

Acara Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP DIY Dr. Subiyantoro, M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta terdiri dari pengelola Jurnal Pendidikan LPMP D.I. Yogyakarta, Widyaiswara, dan staf LPMP DIY. Dalam sambutannya Kepala LPMP DI Yogyakarta menyampaikan pentingnya publikasi jurnal pendidikan yang merupakan wadah bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengapresiasikan kreatifitas dan kompetensinya dalam bentuk tulisan ilmiah. LPMP D.I. Yogyakarta selama ini telah memiliki wadah untuk menampung karya ilmiah bagi widyaiswara, staf  LPMP, tenaga pendidik dan kependidikan. Diharapkan dengan adanya workshop ini akan semakin meningkatkan kemampuan sumberdaya pengelola dan kualitas jurnal  LPMP D. I. Yogyakarta.

Adapun tujuan diadakannya Workshop Publikasi Jurnal Pendidikan ini yaitu:

  1. Meningkatkan kompetensi pengelola jurnal LPMP D I Yogyakarta.
  2. Mengenalkan pengelolaan jurnal secara online menggunakan Open Journal System (OJS).
  3. Mereview artikel yang akan diterbitkan.

Pada kesempatan ini juga dipaparkan mengenai pentingnya OJS (Open Jurnal System) dalam penerbitan jurnal yang disampaikan oleh Bapak Saptoni, MA, dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga sebagai pengelola Al-Jami’ah Research Centre. OJS  adalah Software berbasis web untuk mengelola penerbitan jurnal, dimana semua proses manajerial berbasis web, dari penerimaan naskah, review, publikasi, dilakukan dalam OJS. Kelebihan dari penggunaan OJS, yaitu  sudah terstandarnya manajemen penerbitan, fair management naskah (terbuka dan transparan), publikasi artikel secara daring (online), efektif, efisien, koneksi dengan database artikel dunia (web indexing), dan web-based management.

OJS merupakan sebuah sistem manajemen konten berbasis web yang khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses call for paper, peer review hingga penerbitan dalam bentuk online. Disebutkan juga bahwa dengan OJS ini kita dapat mengambil banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengelola artikel yang belum diterbitkan, akan diterbitkan, dan telah diterbitkan sehingga artikel jurnal dapat terarsipkan dengan baik.

Dengan diadakannya kegiatan Workshop Publikasi Jurnal Pendidikan, diharapkan kemampuan tim Pengelola Jurnal LPMP DIY semakin meningkat dan diharapkan pada tahun 2017 Jurnal Pendidikan LPMP DIY sudah menggunakan sistem OJS.

Artikel Lain

BEKERJASAMA DENGAN DINAS DIKPORA KABUPATEN BANTUL LPMP DIY ADAKAN SELEKSI SUBSTANSI BAKAL CALON PENGAWAS TAHUN 2020

Memperhatikan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun ke depan, mendorong Dinas Dikpora …

LPMP DIY SELENGGARAKAN PENJAMINAN MUTU DI MASA PANDEMIK MELALUI PENDAMPINGAN SEKOLAH SECARA DARING

Salah satu bentuk pelaksanaan tugas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta adalah menyelenggaraan Pendampingan …