Info Penting
Home / Berita / Workshop Peningkatan Kinerja Pegawai

Workshop Peningkatan Kinerja Pegawai

IMG_6891-2a

Sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, setiap pegawai di lingkungan BPSDMPK dan PMP diwajibkan untuk menggunakan aplikasi penilaian prestasi kerja PNS online. Sehubungan dengan hal tersebut, LPMP D.I. Yogyakarta melaksanakan Workshop Peningkatan Kinerja Pegawai. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 17-18 Januari 2015, bertempat di auditorium Ki Mangun Sarkoro dan diikuti oleh seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan LPMP D.I. Yogyakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Memberi wawasan dan pemahaman kepada pegawai tentang penilaian kerja PNS.
  2. Memberi wawasan dan pemahaman kepada pegawai tentang cara penyusunan SKP berdasarkan PP Nomor 46 Tahun 2011 dan menuangkan dalam aplikasi online.
  3. Memberi wawasan dan pemahaman kepada pegawai tentang penggunaan aplikasi penilaian kinerja pegawai online.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, mulai tahun 2014, PNS secara berkala akan dinilai prestasi kerjanya, yaitu berupa proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap Sasaran Kerja Pegawai (SKP), penetapan tolok ukur yang meliputi aspek kuantitas, kualitas, waktu, dan biaya dari setiap kegiatan tugas jabatan. Pelaksanaan penilaian SKP dilakukan dengan cara membandingkan antara realisasi kerja dengan target yang telah ditetapkan.

Dalam pelaksanaannya tiap-tiap PNS akan ditetapkan sasaran kerja pegawai, yaitu rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS dalam 1 (satu) tahun. SKP disusun untuk masing-masing jabatan, berdasarkan pada hasil analisis dan evaluasi jabatan yang telah disepakati.

Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan Workshop Peningkatan Kinerja Pegawai ini adalah Kabag Hukum dan Kepegawaian BPSDMPK dan PMP, Dra. Nurcahyanik, M.Pd, yang memberikan materi Kebijakan Manajemen PNS dan Penilaian Prestasi kerja PNS. Sedangkan untuk simulasi aplikasi penilaian kinerja pegawai online dan penyusunan SKP berbasis aplikasi online dipandu oleh Rohimat, M.A (Tim Operator Aplikasi Penilaian Kinerja Pegawai online BPSDMPK dan PMP, Kemdikbud).

Berikut materi lengkap yang telah disampaikan Presentasi Kabag Hukum dan Kepegawaian dan APLIKASI ONLINE SPPK.

Artikel Lain

Bimtek Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan 2019

Yogyakarta, 26 Oktober 2019. Pada hari sabtu rangkaian kegiatan Bimtek Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan resmi …