Info Penting
Home / Widya Iswara (page 5)

Widya Iswara

Pojok Widya Iswara LPMP Jogja

Pembelajaran IPS SMP Dengan Menggunakan Inquiry-Discover Learning

Harli Trisdiono Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode inkuiri-diskoveri dalam pembelajaran IPS dilakukan untuk memberikan makna yang lebih dalam pada mata pelajaran IPS terkait dengan konteks kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Tujuan makalah ini adalah untuk memberikan gambaran apa, mengapa, dan …

Read More »

Ketrampilan Berpikir dan Strategi Pemecahan Masalah

Harli Trisdiono Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Pembelajaran yang berkualitas ditunjukkan salah satunya dengan kemampuan proses pembelajaran yang memfasilitasi siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah. Melalui proses pembelajaran, siswa mampu meningkatkan keterampilan berpikirnya mengikuti taksonomi tujuan pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar diarahkan agar siswa mampu (a) mengidentifikasi pertanyaan atau fokus kesimpulan yang akan dibuat, (b) mengidentifikasi fakta yang …

Read More »

Perspektif Masyarakat Pemerhati Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia

Oleh : Eko Budi Susanto, M.Si Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email: bd_enfmg@yahoo.co.id   ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh langsung terhadap kemajuan bangsa, sehingga pemerintah dan masyarakat perlu memberikan perhatian khusus pada pendidikan. Perkembangan pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat luas khususnya masyarakat pemerhati pendidikan. Perkembangan pendidikan yang masih perlu mendapat perhatian pemerintah adalah membangun sebuah …

Read More »

Strategi Pemantauan dan Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013

Harli Trisdiono Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Pembelajaran yang memadukan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilakukan sebagai jawaban atas tantangan abad 21. Proses pembelajaran dirancang bagi  peserta didik untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut. Pengembangan indikator dan tujuan pembelajaran menjadi krusial karena merupakan titik awal dalam menyusun proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan tindaklanjutnya. Penilaian sikap sebagai bagian dari kompetensi yang …

Read More »

Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Alat Bantu Sistem Informasi Geografi Untuk Meningkatkan Kemampuan mengajar Guru IPS SMP

Oleh: Eko Budi Susanto, M.Si Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu pendidikan (LPMP) D. I. Yogyakarta E-mail: bd_enfmg@yahoo.co.id.   ABSTRAK   Penelitian Model Contextual  Teaching and Learning (CTL) materi sistem informasi geografi (SIG) pada Diklat Guru IPS SMP se-Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mengajar melalui penelitian tindakan. Terdapat dua tahap kegiatan penelitian yaitu: Studi Pendahuluan dan Pengembangan. Penelitian …

Read More »

Mengembangkan Ketrampilan Teknologi Informasi Komunikasi melalui Pembelajaran Terintegrasi

Oleh : Harli Trisdiono Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Kurikulum 2013 menghendaki terintegrasikannya ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam setiap proses pembelajaran. Pengintegrasian setiap ranah pembelajaran dimaksudkan untuk meningkatkan kebermaknaan pembelajaran. Salah satu keterampilan yang perlu dikuasai dan dikembangkan peserta didik adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan TIK salah satunya adalah pembelajaran yang berbasis produk, …

Read More »

Menata Kembali Komitmen Widyaiswara

Ngadimin, M.Pd Widyaiswara LPMP Daerah Istimewa Yogyakarta email  : ngadimin.sleman@gmail.com   Abstrak Komitmen widyaiswara adalah suatu ketetapan jiwa bagi widyaiswara. Dengan lima komitmen, meyakini, mengilmui, mengamalkan, mengekalkan, dan menyiarkan kompetensinya, diharapkan widyaiswara dapat dijadikan sebagai sosok prima di tengah-tengah tugasnya. Tidak mungkin menjadi sosok yang prima manakala seorang yang hanya pintar berbicara tanpa meyakini terhadap tugas yang diamanahkan negara kepadanya. …

Read More »

Dilema Assesor Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Oleh : Yoko Rimy, M.Si Email : yoko_rimy@yahoo.com Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta   Abstrak Tulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada stake holder pamangku kebijakan khususnya Dinas Pendidikan dan BKD, serta guru dan PGRI pada umumnya, tentang permasalahan kemungkinan assesor PKG memberikan penilaian secara tepat terhadap kinerja guru pada mata pelajaran yang diampunya. Gambaran ini digunakan sebagai pertimbangan sebelum mengambil …

Read More »

Peran Widyaiswara LPMP Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Eko Budi Susanto, M.Si. (email : bd_enfmg@yahoo.co.id) Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta   Abstrak Widyaiswara dalam menjalankan tugas dan fungsi, sebagai fasilitator, motivator dan inovator, sangat diharapkan oleh para guru, kepala sekolah dan pengawas untuk membantu memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya di lapangan. Hal ini dilakukan widyaiswara LPMP dengan Dikjarti sehingga dapat menyelesaikan masalah terkait dengan kesulitan yang dihadapi oleh guru, kepala …

Read More »

Pembelajaran Matematika Efektif

Oleh: Drs.Suharji, M.Pd Widyaiswara Lembaga Penjaminanan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta E-mail: suharjilpmp@yahoo.com Abstrak Pembelajaran adalah kegiatan yang dikelola agar dapat memberdayakan siswa untuk belajar, bagaimana siswa bereksplorasi, berelaborasi dan berkonfirmasi dengan aktifitas mengamati, bertanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan/menyimpulkan. Dalam hal ini sangat diperlukan perhatian khusus, keuletan, ketegasan, ketekunan serta profesionalisme guru, oleh karena itu agar pembelajaran yang sedang berlangsung berhasil …

Read More »