Info Penting
Home / Widya Iswara (page 4)

Widya Iswara

Pojok Widya Iswara LPMP Jogja

Pembelajaran Aktif dan Berpusat pada Siswa sebagai Jawaban Atas Perubahan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Pembelajaran Aktif dan Berpusat pada Siswa sebagai Jawaban Atas Perubahan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Oleh : Harli Trisdiono, SE. M.M Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Perubahan kurikulum seringkali hanya memperhatikan mata pelajaran dan materi pelajaran. Perubahan kurikulum melupakan penyiapan pelaksana pendidikan, guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik dalam kerangka …

Read More »

Menjadi Guru Profesional melalui Penyusunan Karya Inovasi

Menjadi Guru Profesional melalui Penyusunan Karya Inovasi oleh : dr. Waryono, M.Or Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : wardokteryono@gmail.com ABSTRAK Guru profesional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mutu pendidikan di sekolah. Kemampuan guru harus selalu diperbaharui melalui pengembangan keprofesian, salah satu komponennya yaitu karya inovatif. Ada empat jenis karya inovatif yang dapat dilakukan guru, diantaranya : menemukan teknologi tepat guna, menemukan/ …

Read More »

Permainan Kartu pada Pembelajaran Bahasa Jepang untuk Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa Jepang

Permainan Kartu pada Pembelajaran Bahasa Jepang untuk Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa Jepang Disusun oleh: Woro Esthi Hartiwi, S.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : woroharyanto@gmail.com Abstrak Artikel ini membahas permainan dalam pembelajaran Bahasa Jepang. Selain bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, permainan bisa digunakan guru sebagai variasi dalam pembelajaran. Ada berbagai macam bentuk permainan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jepang. …

Read More »

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan Oleh : Legiman, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : legiman.maman@yahoo.co.id Abstrak Pendidikan dan Pelatihan (diklat) merupakan kegiatan pembelajaran pada orang dewasa, yang terjadi interaksi antara peserta diklat dengan pendidik. Dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dimaksud peserta didik adalah peserta diklat dan pendidik yaitu widyaiswara. Agar …

Read More »

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) Oleh: LEGIMAN, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : legiman.maman@yahoo.co.id Abstrak Guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesional berkelanjutan (PKB). Salah satu kegiatan PKB guru adalah melaksanakan penelitian. Penelitian yang sesuai dan dapat dirasakan langsung manfaatnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan melaksanakan PTK diharapkan permasalahan dalam pembelajaran dapat diselesaikan. PTK adalah suatu bentuk penelitian tindakan yang …

Read More »

Pengembangan Indikator Instrumen Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA/SMK

Sarjilah, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta e-mail: jilly_emsa@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh indikator yang diperlukan untuk mengukur keberhasilan layanan konseling individu di SMA/SMK. Indikator ditujukan untuk mengevaluasi komponen proses konseling dan konseling individu hasil/output. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD), yang melibatkan 15 pengurus …

Read More »

Layanan bimbingan dan konseling di SMA

Sarjilah, M.Pd Widyaiswara LPMP DIY email: jilly_emsa@yahoo.com Abstrak Artikel ini membahas tentang layanan bimbingan dan konseling di SMA, yang meliputi bidang-bidang bimbingan, jenis-jenis layanan, dan fungsi bimbingan dan konseling. Bidang bimbingan dan konseling terdiri atas bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Jenis layanan meliputi layanan informasi, layanan penyaluran dan penempatan, layanan konten, layanan konseling individual, layanan konseling kelompok, bimbingan kelompok, …

Read More »

Pengendalian Mutu Hasil Pendidikan Melalui Standar Penilaian Dalam Kurikulum 2013

Oleh:Drs Suharji, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta Abstrak Sistem Pendidikan Nasional diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang zaman. Standar Nasional Pendidikan “berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang …

Read More »

Model-Model Pembelajaran

Oleh:Drs Suharji, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta Abstrak Dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru memerlukan pengetahuan atau wawasan dalam menggunakan model pembelajaran, metode dan pendekatan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, pemilihan model diarahkan ke penyingkapan (discovery) dan atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah ( project based learning), dengan menyesuaikan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan. Setiap …

Read More »

Pembelajaran Matematika

Oleh:Drs Suharji, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta Abstrak Pendidikan  nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab …

Read More »