Info Penting
Home / Widya Iswara (page 2)

Widya Iswara

Pojok Widya Iswara LPMP Jogja

Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA oleh : Yoko Rimy, M.Si. Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : ABSTRAK Kurikulum 2013 mengisyaratkan pembelajaran mempunyai tujuan membangun kompetensi anak didik seutuhnya yang mencakup 3 aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik atau ilmiah mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Pemerolehan ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan …

Read More »

Evaluasi Diklat Capacity Building Audit Mutu Internal Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015

EVALUASI DIKLAT CAPACITY BUILDING AUDIT MUTU INTERNAL TINGKAT PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2015 Oleh : Harli Trisdiono, SE. M.M Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan dampak (effect size) diklat capacity building audit mutu internal tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta yang diselenggarakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta tahun 2015. Penelitian dilakukan dengan metode …

Read More »

Penerapan Blended Learning dalam Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK) Oleh Wendhie Prayitno, S.Kom. M.T Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta email : wendhies@yahoo.com Abstrak Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia selalu menjadi isu penting dalam penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional. Peningkatan kualitas pendidikan ini menjadi salah satu strategi pokok selain pemerataan kesempatan dan akses pendidikan serta peningkatan relevansi …

Read More »

Pembelajaran Berbasis Masalah dalam IPA

Pembelajaran Berbasis Masalah dalam IPA oleh : Dra Singgih Trihastuti, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : ABSTRAK Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran tentang pembelajaran berbasis masalah dalam IPA. Gambaran pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran, yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pembahasan dilakukan dengan mengkaji beberapa sumber bacaan tentang Pembelajaran berbasis …

Read More »

Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta

EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PENILAIAN JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN D.I. YOGYAKARTA oleh : Drs. Suharji, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : suharjilpmp@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: a). untuk mengetahui pemahaman pendidik terhadap penilaian pembelajaran kurikulum 2013, b).untuk mengetahui kendala pelaksanaan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yang dilakukan pendidik jenjang sekolah dasar di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. …

Read More »

Pelaporan Rencana Tindak Kepemimpinan dan Observasi Guru Yunior

PELAPORAN RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN (RTK) DAN OBSERVASI GURU YUNIOR DALAM KEGIATAN ON THE JOB LEARNING (OJL) PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH oleh : dr. Waryono, M.Or Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : wardokteryono@gmail.com ABSTRAK Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah menguraikan syarat-syarat dan tahapan atau proses yang harus dilalui seorang guru untuk dapat diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah. Proses penyiapan …

Read More »

Strategi Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013

Strategi Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 oleh : Sugiyanta, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : pakdhetato@yahoo.co.id ABSTRAK Pembelajaran sesungguhnya harus mampu membangun makna bagi anak dalam rangka menyongsong tugas kehidupan di masa datang. Kebermaknaan sebuah pembelajaran tergantung instensitas pembelajar (peserta didik) dalam proses belajar. Secara filosofis IPA merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mendasarkan pengembangan ilmunya secara ilmiah. Penerapan pendekatan …

Read More »

Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas

Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Oleh : Harli Trisdiono, SE. M.M Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : harli_tris@yahoo.co.id Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan guru dalam melaksanakan dan menyusun laporan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar di Gugus I Kecamatan Bunder, Kabupaten Gunungkidul sebanyak 30 orang dari 5 …

Read More »

Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

MODEL PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM oleh : Dra Singgih Trihastuti, M.Pd Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta email : ABSTRAK Guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran diperlukan pengetahuan atau wawasan dalam menggunakan model pembelajaran, metode dan pendekatan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan model diarahkan ke penyingkapan (discovery) dan atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah ( project …

Read More »

Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh dengan Aplikasi Edmodo

Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh¬† dengan Aplikasi Edmodo Oleh Wendhie Prayitno, S.Kom. M.T Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta email : wendhies@yahoo.com Abstrak Pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi pendidik merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada unsur pendidik. Kegiatan pelatihan-pelatihan sudah banyak dikembangkan dan dilaksanakan oleh berbagai lembaga-lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah yang …

Read More »