Info Penting
Home / Berita / UPT KEMENDIKBUD SE-DIY LAKUKAN SOSIALISASI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DI SMP NEGERI 1 TURI

UPT KEMENDIKBUD SE-DIY LAKUKAN SOSIALISASI SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA DI SMP NEGERI 1 TURI

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta bersama UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di D.I. Yogyakarta, menyelenggarakan Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bagi Tim Kesiapsiagaan Bencana SMP Negeri 1 Turi, Sleman pada Jum’at, 13 Maret 2020, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman, BPBD Kabupaten Sleman, LPMP D.I. Yogyakarta, dan P4TK Seni dan Budaya. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Turi, dalam rangka meningkatkan ketangguhan satuan pendidikan terhadap bencana, sebagai mana tertuang dalam Permendikbud Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program SPAB.

Dalam paparannya, Kepala LPMP D.I. Yogyakarta menegaskan sudah seharusnya Program SPAB dipahami setiap sekolah, sehingga sekolah mampu mewujudkan situasi aman bagi peserta didik saat normal atau pra-bencana, situasi darurat, dan pascabencana. Kepala Bidang Pencegahan Bencana BPBD Sleman, ST Haenry DW, mengatakan seluruh sumber daya manusia di sekolah harus mampu memitigasi resiko bencana, menanggulangi dan mengurangi risiko bencana serta melindungi investasi pada satuan pendidikan agar aman terhadap bencana.

“Tak hanya itu, sekolah juga bisa meningkatkan kualitas sarana dan prasarana satuan pendidikan agar aman terhadap bencana. Memberikan perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan dari dampak bencana di satuan pendidikan. Bahkan, dapat memastikan keberlangsungan layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang terdampak bencana,” tuturnya, saat menjadi pemateri dalam Sosialisasi SPAB di SMP Negeri 1 Turi, Sleman, Jum’at (13/03/2020).

Sekolah harus mampu memberikan layanan pendidikan sesuai karakteristik risiko bencana dan kebutuhan satuan pendidikan, memastikan keberlangsungan layanan pendidikan pasca bencana, serta memulihkan dampak bencana dan membangun kemandirian dalam menjalankan program SPAB. Membangun komitmen dan budaya siaga, aman, dan pengurangan risiko bencana serta ketahanan warga sekolah dalam menghadapi bencana mutlak dilakukan sehingga penanganan bencana lebih terencana, terpadu, dan terkoordinasi dengan baik.

Sebagai akhir kegiatan, ditandatangani komitmen bersama warga SMP Negeri 1 Turi untuk mewujudkan sekolah aman, selalu siaga terhadap bencana, serta siap bergotong royong menuju sekolah SMP Negeri 1 Turi yang jaya dan berprestasi. Penandatanganan komitmen disaksikan oleh BPBD Kab Sleman, Dinas Pendidikan Kab. Sleman, dan UPT Kemendikbud diwakili oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini akan dilakukan Sosialisasi SPAB untuk siswa SMP Negeri 1 Turi dan Deklarasi SMP 1 Turi Jaya dan Berprestasi pada 20 Maret 2020.

Artikel Lain

Gerakan Guru Berdaya Hadapi Korona

GURU BERBAGI guruberbagi.kemdikbud.go.id Selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), GURU BERBAGI hadir #darimanasaja mendukung guru …

Festival Video Edukasi 2020

Sahabat Edukasi, yuk, asah bakatmu dan tunjukkan karya terbaikmu di “Festival Video Edukasi 2020”! Mengusung …