Info Penting
Home / Widya Iswara / Harli Trisdiono, MM / Strategi Pemantauan dan Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013

Strategi Pemantauan dan Penilaian Ranah Sikap Dalam Kurikulum 2013

Harli Trisdiono

Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

harli_tris@yahoo.co.id

Abstrak

Pembelajaran yang memadukan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilakukan sebagai jawaban atas tantangan abad 21. Proses pembelajaran dirancang bagi  peserta didik untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut. Pengembangan indikator dan tujuan pembelajaran menjadi krusial karena merupakan titik awal dalam menyusun proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan tindaklanjutnya.

Penilaian sikap sebagai bagian dari kompetensi yang harus dikembangkan peserta didik memerlukan perencanaan yang matang, sehingga mampu memberikan umpan balik kepada peserta didik. Perumusan gejala sikap, penyusunan instrumen penilaian, dan dipakainya berbagai metode penilaian membawa dampak signifikan terhadap efektivitas penilaian.

Kata Kunci : penilaian, sikap, gejala sikap

Read More…

Artikel Lain

Strategi Menjangkau Sasaran Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dengan Menggunakan Modaliti Blended Training

Strategi Menjangkau Sasaran Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dengan Menggunakan Modaliti Blended Training Oleh …

Peran Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah

Peran Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah Oleh : Harli …