Info Penting
Home / Subbagian Umum / Sosialisasi Program ProDEP

Sosialisasi Program ProDEP

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Pemerintah Australia pada tahun 2013 lalu telah menandatangani perjanjian hibah untuk mendanai pengembangan sebuah sistem Pengembangan Keprofesian bagi Tenaga Kependidikan yang bersifat nasional atau lebih dikenal dengan Professional Development for Education Personnel (ProDEP). Program ProDEP nantinya akan dilaksanakan dalam 4 kegiatan yaitu 1) Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Pemerintah Daerah (PPKPPD); 2) Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS); 3) Program Pendampingan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah/Madrasah (PPKSPS); dan 4) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

 

Dalam rangka persiapan program ini di tahun 2014, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, BPSDMPK dan PMP, Kemdikbud yang didukung oleh Australia’s Education Partnership with Indonesia (AEPI) telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program ProDEP di LPMP D.I Yogyakarta. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang program ProDEP kepada pejabat dan staf yang akan berperan dalam pelaksanaan ProDEP di masing-masing lembaga khususnya di LPMP D.I Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2014, bertempat di Ruang Rapat 1 LPMP D.I. Yogyakarta. Sosialisasi diikuti oleh pejabat struktural, widyaiswara, serta staf LPMP D.I. Yogyakarta yang nantinya akan berperan dalam pelaksanaan ProDEP. Bertindak sebagai narasumber & advisor dalam sosialisasi yaitu Ibu Purnami E. Soewardi dan Evionora dari Pusbangtendik serta Ibu Jennifer, Bapak Nandang KA dan Khoirul Anam dari SSQ-AEPI. Kegiatan diawali dengan pengantar dan penjelasan awal tentang ProDEP yang disampaikan oleh Ibu Purnami E. Soewardi, dilanjutkan pemaparan tentang Penjelasan Rencana Pelaksanaan ProDEP serta Program dan Strategi Pelaksanaan Rencana ProDEP di LPMP D.I. Yogyakarta tahun 2014/2015 oleh Bapak Nandang KA. Pada akhir acara peserta sosialisasi mengisi Instrumen Analisis Kebutuhan Kapasitas, yang nantinya akan dianalisa dan digunakan untuk mempersiapkan program dan bahan pendukung kegiatan. Selengkapnya terkait program ProDEP klik disini (Sri Widayati, S.Sos)

Artikel Lain

Strategi Mengajar untuk Meningkatkan HOTS

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting terdahulu terkait HOTS. Perlu disadari bahwa HOTS bukan sekedar …

Mendikbud Imbau Guru Terus Kembangkan Model Pembelajaran HOTS

Yogyakarta, Kemendikbud —- Memasuki era milenium, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau para …