Info Penting
Home / Berita / Sertifikasi Guru 2015 melalui PPGJ

Sertifikasi Guru 2015 melalui PPGJ

alurppgj2015

Salah satu syarat menjadi guru profesional yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah guru harus memiliki sertifikat pendidik. Implementasi dari amanat tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 melalui beberapa pola sertifikasi bagi guru dalam jabatan. Tahun 2009 dilaksanakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi lulusan program S-1 Kependidikan dan Non Kependidikan, dan tahun 2011 dilaksanakan Pendidikan Profesi bagi Guru Dalam Jabatan. Mulai tahun 2015, perolehan sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan yang memenuhi persyaratan dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ).

Pelaksanaan sertifikasi bagi guru dalam jabatan tahun 2015 akan menggunakan standar beban belajar sesuai Permendiknas Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pendidikan Profesi bagi Guru Dalam Jabatan, bahwa guru harus meninggalkan kelas/pembelajaran selama 2 semester untuk menempuh beban belajar 36 SKS. Dengan mempertimbangkan bahwa guru dalam jabatan tidak diperkenankan meninggalkan tugas mengajar selama mengikuti sertifikasi guru, maka pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan mengalami beberapa penyesuaian tanpa mengurangi kualitas lulusan. Penyesuaian yang dimaksud yaitu rekognisi pembelajaran lampau (RPL), durasi workshop/pelatihan di LPTK dimampatkan hingga hanya 16 hari, dan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) di sekolah selama 2 (dua) bulan, ujian akhir dilaksanakan di sekolah.

Pelaksanaan sertifikasi guru melalui pendidikan profesi guru dalam jabatan – PPGJ tahun 2015 saat ini dalam tahap verifikasi calon peserta. Silahkan memperbaiki data calon peserta terkait pilihan bidang studi sertifikasi. Untuk melihat daftar calon peserta dan panduan penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2015 silahkan klik tautan berikut ini sergur.kemdiknas.go.id.

Artikel Lain

Ujian Tulis Nasional (UTN) On Line bagi Guru Profesional D.I. Yogyakarta Tahun 2018

Post Views: 1,649 Lulus UTN (Ujian Tulis Nasional) adalah jembatan bagi guru untuk menjadi seorang …