Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK
Pameran Produk

SERAHKAN SERTIFIKAT DIKLAT KERJASAMA CALON KEPSEK, LPMP DIY SIAP LEBARKAN SAYAP KEMITRAAN

Kamis, (23/9) bertempat di ruang senat gedung pusat Universitas Sarjana Wiyata (UST) dilakukan acara penyerahan sertifikat peserta diklat Calon Kepala sekolah.

Sertifikat diserahkan langsung oleh kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan DI Yogyakarta (LPMP DIY), Minhajul Ngabidin S.Pd,M.Si kepada Plt Ketua Harian Majelis Luhur Taman siswa Bpk.Prof. H. Pardimin,M.Pd,Ph.D.

Pelatihan Calon Kepala sekolah ini telah diselenggarakan LPMP DIY bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Surakarta dan Yayasan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2021 dengan pola 300 JPL. Pelatihan ditujukan untuk menyiapkan kompetensi calon Kepala Sekolah dengan  wawasan, pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memimpin sekolah sebagaimana dinyatakan dalam Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Melalui kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah (CKS). Diharapkan peserta dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai kepala sekolah sebelum menduduki jabatan yang pada akhirnya dapat menciptakan sekolah merdeka dalam rangka meningkatkan capaian belajar peserta didik yang bermuara pada terwujudnya students wellbeing.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh 36 orang peserta yang berasal dari satuan Pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Majelis Luhur Tamansiswa di seluruh wilayah Repuplik Indonesia, antara lain: kab. Simalungun, Kota Pemantang Siantar, Kota Bandar Lampung, Kota Mojokerto, Kab. Kebumen, Kab. Karanganyar, Kab. Magelang, Kab. Sukoharjo, Kab. Boyolali, Kab.Purworejo, Kota Yogyakarta dan Kab. Kulon Progo. Dan semuanya dinyatakan lulus.

Pardimin sebagai Plt. Ketua Harian Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa berterima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin antara LPMP DIY, LPPKSPS Surakarta dan Yayasan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa yang dimulai dari tahap Seleksi Calon Kepala Sekolah, Diklat, pemerolehan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) hingga ke pengangkatan menjadi kepala sekolah.  sehingga peserta yang lulus diklat dapat memperoleh dan siap untuk diangkat. Pardimin berharap kerjasama ini dapat terus terjalin di masa yang akan datang.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd,M.Si menyatakan kesiapan LPMP DIY dalam memberikan pendampingan-pendampingan terkait peningkatan kompetensi guru. Tantangan kemajuan IPTEK yang semakin tidak terbendung di era digital serta kebijakan kemdikbud sangat transpormatif dan sangat cepat, sehingga wajib diikuti. Minhajul mengingatkan bahwa peran kepala sekolah sangat strategis dalam upaya mewujudkan sekolah yang mampu membentuk insan Indonesia cerdas dan kompetitif. (Maya/FSP)

Artikel Lain

Perkuat Literasi dan Numerasi, LPMP DIY Laksanakan Koordinasi dan Advokasi Lintas Instansi

Sebagai bagian dari upaya mendorong terwujudnya program pengembangan literasi dan numerasi yang kuat dan solid …

Perkuat Profesionalitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Laksanakan Pelatihan Dasar bagi P3K

(Yogyakarta, 22 Nopember 2021).  Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kuantitas dan juga kualitas sumberdaya manusia, …