Info Penting
ZIWBK

SELEKSI AKHIR FINALIS LOMBA BEST PRACTICES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

(Yogyakarta), Lomba Penulisan Best Practices Kreavifitas dan Inovasi Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 yang diselenggarakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta dengan mendapat dukungan dari Pusat Prestasi Nasional Setjen Kemendikbud telah memasuki babak akhir.  Kegiatan ini digelar sebagai bagian dari peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020, dengan tujuan untuk mendorong berkembangnya kreativitas dan inovasi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (belajar dari rumah)  dalam kondisi darurat COVID-19. Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para guru atas usaha maksimal dan perjuangan mereka dalam melaksanakan pembelajaran di masa-masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini.

Meskipun dalam kondisi sulit dan diperhadapkan pada banyak keterbatasan, ternyata antusiasme guru dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini, dimana sampai dengan batas akhir penerimaan naskah (tanggal 2 Juni 2020), tercatat sebanyak 269 peserta telah mengirimkan makalahnya baik melalui email maupun link google drive yang disiapkan panitia. Peserta berasal dari 20 Provinsi se-Indonesia dari semua jenjang dengan rincian SD 83 peserta, SMP 74 peserta, SMA 56 peserta, SMK 44 peserta dan SLB sebanyak 12 peserta.

Seleksi tahap awal, yaitu penilaian dokumen telah dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 8 Juni 2020. Ada tiga hal yang menjadi penekanan dalam penilaian best practices ini, yaitu : 1) aktualitas kegiatan benar-benar dilaksanakan dalam rangka penanganan pembelajaran di masa Pandemi COVID-19, 2) Unsur kreativitas dan inovasi, dan 3) kebermanfaatan, keberhasilan dan keunggulan pembelajaran yang dilakukan. Unsur penilaian kreativitas dan inovasi disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran jarak jauh di era kekinian, yaitu adanya sentuhan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Dari penialaian ini telah ditetapkan sebanyak 20 peserta terbaik sebagai finalis. Selanjutnya para finalis akan diundang untuk mengikuti wawancara dan seminar secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2020. Seminar wawancara ini merupakan tahap akhir seleksi yang bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan menggali lebih lanjut implementasi pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang dituliskan oleh para finalis, terutama untuk melihat kreativitas, inovasi, manfaat dan  keunggulan dari pembelajaran yang dilakukan, serta mendapatkan gambaran respon siswa dan keterlibatan orangtua siswa atau orang dewasa lainnya di rumah. Melalui wawancara ini akan lebih tergali lagi potensi yang ada dan lebih memperkaya praktek baik yang sudah dilakukan. Di akhir sesi Seminar Wawancara ini akan disampaikan materi singkat dan arahan oleh Bapak Dr. Sutanto, SH, MA (Sekretaris Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen Kemendikbud) yang sekaligus akan menutup kegiatan dan menyerahkan piagam penghargaan dan hadiah secara simbolis.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, selaku pengarah kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas semangat dan perjuangan para guru dalam melaksanakan pebelajaran di masa COVID-19 ini, dan selanjutnya Best Practices yang ada setelah melalui perbaikan dan penyempurnaan, akan dikoordinasikan dengan Pusat Prestasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat dipublikasikan sehingga diharapkan bisa bermanfaat sebagai inspirasi bagi guru lain untuk dapat diadopsi, diadaptasi dan dikembangkan.

Daftar finalis  Lomba Penulisan Best Practices Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh  di Masa Pandemi Covid-19

NONAMAUNIT KERJAPROVINSIJUDUL TULISAN
1BEKTI MULATSIH,M.PdSMAN 1 BANGUNTAPANDIYPENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIPA SMA N 1 BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA MASA COVID-19
2FERY MULYADI, S.H.ISMA ISLAM AS-SHOFA RIAUPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “GO WIN QUIZ” SEBAGAI SOLUSI INOVATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MASA DARURAT PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS X IIS 2 SMA ISLAM AS-SHOFA.
3RIYANTIARNI, S.PdSMA NEGERI 6 YOGYAKARTADIYPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA KETERAMPILAN MENGEKSPRESIKAN PUISI BERBAHASA PRANCIS KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA DALAM MASA TANGGAP DARURAT COVID-19
4YUSUF SODHIQIN, S.Pd.SMA NEGERI 1 KOTA TANGERANG SELATAN BANTENPENERAPAN MEANINGFULL LEARNING MELALUI PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN KONSEP SACOBI (STATISTIKA, COVID-19 DAN HOBI) PADA PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA SELAMA MASA DARURAT COVID – 19
5DWI ERMAVIANTI WAHYU SULISTYORINI, S.PdSMK NEGERI 1 SEWOND.I. YOGYAKARTAOPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TATA RIAS
6INDAYATMI, S.Pd, M.ScSMK NEGERI 2 DEPOKDIYKREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANALISIS GRAVIMETRI MELALUI METODE BLENDED LEARNING ONLINE PADA MASA DARURAT COVID-19
7NURYA KHUSNA, S.PdSMK NEGERI 1 MOJOSONGO BOYOLALIJAWA TENGAHPEMANFAATAN SOSIAL MEDIA TIKTOK DAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS KIMIA DASAR KELAS X PADA MATERI BAHAYA BAHAN KIMIA DI SMK NEGERI 1 MOJOSONGO BOYOLALI
8SELY INDRASWARI, S.PdSMK TUNAS HARAPAN PATIJAWA TENGAHSADAR PANDEMI MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM
9ANI MEITIKASARI, M.Pd.SMP NEGERI 1 GEDUNG AJI, LAMPUNGLAMPUNGIMPLEMENTASI METODE DBEL(DIGITAL – BASED EXPERIENTIAL LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSEPADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 GEDUNG AJI, LAMPUNG
10BAHAR SUNGKOWO, M.PdSMP INTERNAT AL-KAUSAR SUKABUMIJAWA BARATPENERAPAN “CINO BLENDED LEARNING” BERBANTUAN MULTI APLIKASI SEBAGAI SOLUSI CERDAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH IPS DI SMP INTERNAT AL-KAUSAR KABUPATEN SUKABUMI
11EKA WAHYUNINGSIH, M.PdSMP NEGERI 3 PAMOTANJAWA TENGAHIMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR BERBASIS CYEBERCOUNSELING DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP SISWA SEBAGAI SOLUSI DI MASA DARURAT COVID-19
12HINDUN ASTIANI, S. PdMTS NEGERI 2 PURBALINGGAJAWA TENGAHPENERAPAN METODE CHATTING BERANTAI-20 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS VIII G MTS NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH
13WAHYU PURWANTO, S.Pd., M.Pd.SMP NEGERI 1 LUMAJANGJAWA TIMURVIRTUAL ROLE PLAYING MELALUI WHATSAPP GROUP DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN COVID-19 UNTUK MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN IPS BERMAKNA DI SMPN 1 LUMAJANG
14DINI ANNISA NURBAETY ELSOLA, S.Pd.SD N SELO KULON PROGODIYPENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR PADA PELAKSANAAN SCHOOL FROM HOME (SFH) SISWA KELAS V SD NEGERI SELO KAPANEWON KOKAP, KULON PROGO
15ELLY BUDIYATI, S.Pd., M.PdSD MUHAMMADIYAH MULUSAN 1DIYPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MODEL SELF ORGANISED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER II DI SD MUHAMMADIYAH MULUSAN 1 KECAMATAN PALIYAN KAB GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
16IDHA FITRIASTUTI, S.PdSD N PENGKOL DIYIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOLE MELALUI ZOOM CLOUD MEETING PADA TEMA SEMBILAN SUB TEMA DUA PEMBELAJARAN TIGA MUATAN IPS DAN PPKn KELAS VI SD N PENGKOL
17MURNI, S.Pd.I, M.PdSD IT YABIS BONTANGKALIMANTAN TIMURPEMBELAJARAN MASA DARURAT COVID-19 MELALUI PERMAINAN BOKER UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS 3-B SDIT YABIS BONTANG
18NURAINI, S.Pd SD.SD NEGERI 1 DASAN TERENG NTBPEMBELAJARAN POLA KOOPERATIF MULTILEVEL TANPA LABA MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DAPAT MEMPERMUDAH SISWA SDN 1 DASAN TERENG BELAJAR DARI RUMAH
19NUR'AINI, S.PdSLB NEGERI SRAGENJAWA TENGAHLEMKERTO TINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN TUGAS ONLINE SISWA TUNARUNGU KELAS IX SMPLB DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
20VENI SEPRIANI, S.PdSLB NEGERI 1 BANTULDIYPEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI STRATEGI 4T1S DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 2 SD TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Artikel Lain

BEKERJASAMA DENGAN DINAS DIKPORA KABUPATEN BANTUL LPMP DIY ADAKAN SELEKSI SUBSTANSI BAKAL CALON PENGAWAS TAHUN 2020

Memperhatikan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun ke depan, mendorong Dinas Dikpora …

LPMP DIY SELENGGARAKAN PENJAMINAN MUTU DI MASA PANDEMIK MELALUI PENDAMPINGAN SEKOLAH SECARA DARING

Salah satu bentuk pelaksanaan tugas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta adalah menyelenggaraan Pendampingan …