Info Penting
Home / Berita / REPORTASE KEGIATAN BIMTEK SUPERVISI KABUPATEN/KOTA

REPORTASE KEGIATAN BIMTEK SUPERVISI KABUPATEN/KOTA

Supervisi satuan pendidikan merupakan salah satu tupoksi  LPMP sebagai UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di setiap provinsi. Dalam melaksanakan supervisi ini, ada beberapa tahapan yang dirancang oleh LPMP D.I. Yogyakarta untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 ini. Kegiatan diawali dengan Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Balai Pendidikan Menengah Kota/Kabupaten.  Rapat koordinasi dilaksanakan guna mengukuhkan kerjasama antara LPMP D.I. Yogyakarta dengan stake holder terkait bidang pendidikan.

Kegiatan berlanjut dengan Penyusunan Bahan Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan yang bertujuan untuk menyusun bahan Bimbingan Teknik dan instrumen yang akan dipergunakan dalam rangkaian kegiatan Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan. Bimbingan Teknis untuk Fasilitator Daerah dan Pengawas sekolah juga dilakukan supaya pengawas sekolah yang nantinya akan berperan sebagai fasilitator daerah pendamping mampu melaksanakan perannya dalam melakukan supervisi di sekolah yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Sesudah mendapatkan materi pada Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah, Pengawas Sekolah menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Tingkat Kabupaten/Kota. Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan supervisi satuan pendidikan kepada tim penjaminan mutu sekolah. Selain itu sekolah diajak untuk melakukan pemetaan dan identifikasi masalah mutu, serta merancang program pemenuhan mutu berdasarkan pemetaan yang telah dilakukan. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini sekolah mampu merancang program pemenuhan mutu dan peningkatan mutu implementasi SNP sehingga lebih siap dalam dalam menghadapi akreditasi sekolah serta mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Kegiatan Bimbingan teknis Tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Dinas Pendidikan dan Balai Pendidikan Menengah kabupaten dan Kota. Masing-masing Bimbingan Teknis di Dinas Pendidikan diikuti oleh 30 SD dan 15 SMP, sementara Kegiatan di Balai Dikmen diikuti oleh 15 SMA dan SMK. Setiap sekolah yang diundang mengirimkan Kepala Sekolah dan satu orang Tim Pengembang Sekolah. Kegiatan dirancang sedemikian rupa sehingga sekolah dan Pengawas dapat bekerja sama dalam memetakan potensi sekolah, mengidentifikasi permasalahan, sampai dengan membuat program kegiatan yang akan ditindaklanjuti dalam Program Supervisi. Dari pantauan selama kegiatan, terlihat bahwa peserta dan pengawas sekolah antusias dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan.

Sampai saat ini telah berlangsung kegiatan Bimbingan Teknis di Dinas Pendidikan dan Balai Dikmen Kabupaten Bantul pada tanggal 17 sampai dengan 19 Juni 2019, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tanggal 20 sampai dengan 22 Juni 2019, Balai Dikmen Kulon Progo tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2019, Dinas Pendidikan dan Balai Dikmen Kabupaten Sleman tanggal 27 sampai dengan 29 Juni, Dinas Pendidikan serta Balai Dikmen Kabupaten Gunungkidul tanggal 1 sampai dengan 3 Juli 2019, dan Balai Dikmen Kota Yogyakarta tanggal 4 sampai dengan 6 Juli 2019. Sementara yang tengah berlangsung adalah  Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo tanggal 8 sampai dengan 10 Juli 2019. Kegiatan berlangsung tidak serempak karena mempertimbangkan agenda yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan dan Balai Dikmen.

Artikel Lain

Bimtek Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan 2019

Yogyakarta, 26 Oktober 2019. Pada hari sabtu rangkaian kegiatan Bimtek Pengawas Pemetaan Mutu Pendidikan resmi …