Info Penting
Home / Seksi FPMP / RAPAT KOORDINASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERSAMA WAMENDIKBUD RI

RAPAT KOORDINASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERSAMA WAMENDIKBUD RI

Pemerintah telah secara resmi menetapkan Kurikulum 2013 untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Tahap selanjutnya setelah kurikulum ditetapkan adalah implementasi kurikulum pada proses pembelajaran di sekolah oleh guru yang telah dimulai pada bulan Juli 2013 yang lalu.

 

Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 telah dilaksanakan secara bertahap, oleh sebab itu Seksi FPMP Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai leading sector pelaksanaan diklat implementasi Kurikulum 2013 melakukan rapat koordinasi terkait implementasi kurikulum 2013 bersama Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Prof. Musliar Kasim. Bertempat di gedung Ki Mangun Sarkoro LPMP DIY pada hari Jumat, 17 Oktober 2014 Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala LPMP DIY, Drs. Harmanto, M.Si, Kasubbag Umum LPMP DIY, Kepala Seksi FPMP LPMP DIY, Kepala Seksi PMS LPMP DIY, staff di lingkungan LPMP DIY serta 50 peserta undangan, yang terdiri dari pejabat struktural PPPPTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-Prov D.I Yogyakarta serta perwakilan Kepala Sekolah dari beberapa TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Rapat dibuka oleh pembawa acara tepat pukul 14.30 yang dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DIY Drs. Kadarmanto Baskoro Aji, MM. Pada kesempatan ini Kepala Dinas melaporkan progress implementasi Kurikulum 2013 di D.I Yogyakarta umumnya berjalan dengan sangat baik. Sebagian besar guru telah mengikuti pelatihan terkait kurikulum 2013, tetapi kalaupun ada yang belum dikarenakan beberapa alasan, maka guru yang bersangkutan telah mendapatkan pelatihan melalui MGMP sekolah. Sementara proses pendampingan juga sudah berjalan dengan baik dan disambut antusias oleh guru, siswa bahkan orang tua murid, demikian laporan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I Yogyakarta.

 

Acara dilanjutkan dengan pengarahan singkat dari Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Prof. Musliar Kasim. Wamendikbud dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi semua stakeholder pendidikan terutama dalam implementasi kurikulum 2013, karena provinsi D.I Yogyakarta khususnya sangat mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Wamendikbud juga menyampaikan, tujuan dalam dunia pendidikan ini dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu untuk meningkatkan akses dan untuk perbaikan mutu. Meningkatkan akses dalam hal ini menyangkut ketersediaan sarana dan prasarana serta pemberian bantuan operasional kepada sekolah-sekolah yang memang membutuhkan. Sedangkan dalam hal untuk perbaikan mutu adalah tentang mindset dari pendidik. Disampaikan oleh Prof. Musliar Kasim, mindset para pendidik kita haruslah diubah, agar ketika sudah mendapat kesejahteraan bagaimana para pendidik tersebut harus dapat memberikan pendidikan yang terbaik juga kepada peserta didiknya. Diharapkan pendidik juga harus kreatif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan bagi anak didik.

 

Sebelum mengakhiri pengarahannya, wamendikbud menutup dengan suatu harapan yaitu semoga   pendidikan bagi anak bangsa kita dapat berkembang semakin baik lagi di masa yang akan datang, serta tetap menjalin silaturahmi dengan sebaik-baiknya.

Artikel Lain

Penerimaan Guru Kontrak Dinas Dikpora Kab. Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

Post Views: 4,487 Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di SD – SMPN Terpadu Distrik …