Info Penting
Home / Berita / Pidato Mendikbud pada HUT Kemerdekaan RI ke-70

Pidato Mendikbud pada HUT Kemerdekaan RI ke-70

logo HUT RI 70“Dimanapun kita berada, Sang Merah Putih berkibar dengan gagah. Angin tanah tercinta membelai kain bendera dan mengibargagahkan Sang Merah Putih kita.”, merupakan awal dari sambutan Mendikbud pada HUT 70 Kemerdekaan RI, yang dibacakan pada upacara bendera Senin, 17 Agustus 2015 di semua jenjang pendidikan.

Kalimat indah tersebut membuat kita merasa betapa bendera Merah Putih sangatlah pantas kita banggakan. Pada saat ini kita bisa melihat bendera kita berkibar dengan anggunnya, tapi kita pun harus tahu bahwa para pejuang perintis kemerdekaan telah berjuang dengan sekuat tenaga, pikiran bahkan bertaruh nyawa agar Sang Merah Putih bisa berkibar di bumi pertiwi ini. Kemerdekaan Republik Indonesia digagas dan diperjuangkan bukan hanya untuk menggulung kolonialisme, tetapi juga untuk menggelar kesejahteraan, menggelar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kita sebagai generasi muda sekarang memiliki tugas untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang kita. Sesuai tema peringatan HUT RI ke-70 ini kita diingatkan untuk makin bekerja keras. Kerja untuk rakyat, kerja untuk negara, kerja untuk bangsa. Terlebih kita yang ada di dunia pendidikan. Seperti yang disampaikan Mendikbud bahwa tanggungjawab kita semua yang berada di dunia pendidikan adalah menuntaskan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Keterdidikan adalah kunci penting untuk merebut kemerdekaan, dan keterdidikan juga jadi kunci penting untuk meraih kemajuan bangsa dan untuk membuat bangsa kita lebih dari sekedar sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Tingkatkan mutu pendidikan kita. Mendidiklah dengan hati dan sepenuh hati, dengan keluhuran budi pekerti, dan dengan kedalaman serta keluasan pengetahuan agar bisa menginspirasi agar bisa jadi teladan.

Di akhir sambutannya Mendikbud mengajak para pelajar sebagai pemilik masa depan untuk tidak berdiam diri menunggu. Tetapi mereka diharapkan untuk menempa kepribadian, mengembangkan prestasi, menjalin persahabatan dengan teman-teman, menghormati orang tua dan guru serta menjadikannya sebagai suluh hidup mereka.

Sambutan selengkapnya dapat dilihat pada gambar berikut atau dapat diunduh dalam format pdf melalui tautan ini.

Pidato HUT Kemerdekaan ke-70 RI_0_1_001Pidato HUT Kemerdekaan ke-70 RI_0_1_002

Artikel Lain

PROSES PENEMPATAN CALON MAHASISWA PPG DALJAB KE LPTK

Pada tahun 2020 PPG Dalam Jabatan akan berlangsung sepenuhnya secara daring karena Indonesia masih dalam …

DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud berdasarkan surat nomor 1845/B.B2/GT/2020 pada tanggal 15 Juni …