Info Penting
Home / Seksi SI / Permendikbud no 68 tahun 2014 Guru TIK

Permendikbud no 68 tahun 2014 Guru TIK

Peran guru TIK dan KKPI adalah sangat penting diera teknolgi seperti sekarang ini. Untuk itu pemerintah memandang penting untuk mengeluarkan sebuah peraturan yaitu permen nomor 68 tahun 2014. Permen ini mengatur tentang peran guru teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan guru keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) dalam implementasi kurikulum 2013.

Seperti pada pasal 2 menyatakan bahwa kualifikasi akademik yang harus dimiliki adalah sarjana (S-1) atau diploma empat (D-4) dalam bidang teknologi informasi dan memiliki sertifikat pendidi dalam bidang TIK atau KKPI. Perbedaan yang paling mendasar adalah bahwa beban mengajar guru TIK adalah melakukan pembimbingan paling sedikit 150 siswa pertahun pada satu atau lebih satuan pendidikan.

Didalam permen ini juga dibahas mengenai guru TIK atau KKPI yang tidak memiliki kualifikasi akademik S-1 atau D-4 dalam bidang teknologi informasi akan tetapi memiliki sertifikat pendidik TIK atau KKPI dapat dibayarkan tunjangan profesinya sampai dengan 31 Desember 2016. Setelah tanggal tersebut guru tersebut harus mengajar sesuai dengan kualifikasi akedemik yang dimilikinya serta harus melaksanakan sertifikasi ulang sesuai kualifikasi akedemiknya.

Untuk selengkapnya permendikbud ini dapat diunduh disini………..
Untuk paparan terkait permen ini dapat diunduh disini……

 

Catatan: Gambar diambil dari http://ibnufajar75.wordpress.com

Artikel Lain

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PESERTA WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENDIDIKAN LPMP DIY TAHUN 2019

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PESERTA WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL PENDIDIKAN LPMP DIY TAHUN 2019   …