Info Penting
Home / Berita / Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020: LPMP DIY selenggarakan Lomba Penulisan Best Practice Inovasi Pembelajaran di masa Pandemi Covid 19

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020: LPMP DIY selenggarakan Lomba Penulisan Best Practice Inovasi Pembelajaran di masa Pandemi Covid 19

Pandemik internasional, Covid 19 (coronavirus disease 2019) memaksa dunia masuk pada tatanan baru, termasuk dunia pendidikan. Kebijakan physical dan social distancing membuat pembelajaran tatap muka tak lagi mungkin dilakukan. Pembelajaran terpaksa berpindah ke rumah dengan pengawalan jarak jauh melalui sistem online (daring) oleh sekolah. Tantangan terbesar yang dihadapi oleh pelaku pendidikan adalah bagaimana melalui pembelajaran sistem daring ini target mutu pendidikan tetap dapat tercapai. Hal ini tentu saja menuntut kreativitas, konsistensi dan inovasi yang tinggi dari sekolah, terutama guru sebagai ujung tombaknya. Kondisi ini di satu sisi dapat menjadi kendala, namun di sisi lain juga dapat menjadi tantangan atau peluang bagi guru untuk mengembangkan diri. Guru mempunyai kesempatan untuk dapat bereksplorasi dan melakukan inovasi pembelajaran yang menarik dan efektif serta mampu memadukannya dengan penggunaan teknologi informasi berbasiskan jaringan (on line).

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2020, LPMP mengambil tantangan ini sebagai sebuah cara untuk memberikan wadah sekaligus apresiasi kepada guru agar dapat berbagi pengalaman baik (best practice) dalam melaksanakan inovasi pembelajaran jarak jauh kepada peserta didiknya dalam bentuk LOMBA PENULISAN BEST PRACTICE INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMIK COVID 19.

Lomba ini dilakukan dengan tujuan mendorong kreatifitas dan inovasi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh serta menghimpun dan mempublikasikan pengalaman baik (best practice) pembelajaran yang berhasil dilakukan selama masa pandemik covid 19. Lomba ini juga merupakan kesempatan bagi LPMP untuk dapat memberikan penghargaan atas perjuangan guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa darurat ini.

Lomba terbuka untuk semua guru di semua jenjang dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB di seluruh wilayah Indonesia. Bagi peserta yang dapat lolos penilaian administrasi dan substansi akan memperoleh sertifikat. Dua belas peserta terbaik akan menerima hadiah berupa uang pembinaan dan hasil karya pemenang akan diterbitkan dalam buku Proceeding Best Practices.

Teknis penulisan dan pengiriman  dapat dilihat pada panduan berikut.

Bagi Guru yang tertarik dan ingin menggali informasi lebih lanjut tentang lomba ini dapat menghubungi contact person berikut:

Dr Sugiyanto, S.Pd., M.Pd (08179432648)

Wendie Prayitno, S.kom, MT (081328273939)


Sosprom: naskah2 Mei sd 2 Juni 2020

Batas akhir penerimaan : 2 Juni 2020 (pukul 16.00 WIB)

Penilaian naskah: 3 sd 5 Juni 2020

Pengumuman Pemenang; 8 Juni 2020

Artikel Lain

Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbud

            Halo #SahabatKarakter kita kenalan yuk, dengan Pusat Penguatan Karakter …

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Keluarga Besar Pegawai dan Dharma Wanita Persatuan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D. I. Yogyakarta mengucapkan …