Info Penting
Home / Berita / PENGUATAN KAPASITAS PENDUKUNG: Pembekalan Petugas Monitoring dan Evaluasi

PENGUATAN KAPASITAS PENDUKUNG: Pembekalan Petugas Monitoring dan Evaluasi

Esensi dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Idealnya, satuan pendidikan/sekolah menerapkan keseluruhan siklus dalam sistem penjaminan mutu secara mandiri dan berkesinambungan hingga terbangun budaya mutu.

Rangkaian kegiatan sekolah model di desain untuk membantu sekolah dalam pelaksanaan SPMI, dan untuk memulai pengembangan SPMI di sekolah model diperlukan dukungan dari pihak eksternal berupa pendampingan oleh fasilitator daerah dan proses monitoring dan evaluasi (monev) oleh LPMP sebagai bentuk bantuan penguatan dan pembinaan kepada sekolah model dalam membangun kapasitas dirinya dalam melakukan SPMI. LPMP D.I. Yogyakarta merancang kegiatan monev beriringan dengan pendampingan oleh fasda dengan maksud agar kegiatan sekolah model di tahun 2017 dapat berjalan terarah, sinergis dan optimal sesuai dengan petunjuk pelaksanaan yang sudah ditetapkan.

Pembekalan petugas monitoring dan evaluasi menjadi perlu untuk dilakukan, guna memberikan pengetahuan dasar dan meningkatkan pemahaman tentang SPMI dan SPME. Pembekalan ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang Panduan Pelaksanaan Pendampingan Sekolah Model Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah disusun oleh tim penjaminan mutu pendidikan pusat, penjelasan teknis pelaksanaan monev dengan materi desain dan strategi kegiatan sekolah model tahun 2017 serta penjelasan teknis pengisian instrumen monitoring dan evaluasi.

Kegiatan pembekalan dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 18 Agustus 2017 bertempat di LPMP D.I. Yogyakarta dengan peserta seluruh petugas monev dari LPMP dan narasumber dari Tim PMP LPMP Seksi PMS. Monitoring dan Evaluasi sendiri merupakan implementasi tugas dan wewenang LPMP dalam proses Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) berdasarkan permendikbud nomor 28 tahun 2016. Diharapkan setelah mendapatkan pembekalan, petugas monev dapat menjadi kekuatan pendukung yang handal dalam melaksanakan kegiatan sekolah model.

Artikel Lain

DAFTAR CALON PESERTA/CADANGAN PPG DALJAB 2018 TAHAP III

Post Views: 2,172 Pengumuman Yth bapak ibu guru Di dalam daftar (klik untuk mengunduh) Dimohon …