Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK

Penghargaan Atas Prestasi dan Kinerja Unggul

Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen Kemendikbud Ri, Jumeri, S.TP., MK.Si., memberikan penghargaan atas prestasi dan kinerja unggul Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Prestasi dan kinerja unggul tersebut khususnya dinilai dari kepatuhan, inisiatif dan kreatifitas dalam pelaksanaan penjaminan mutu Pendidikan.

Tiga hal utama yang mengantarkan DIY memperoleh penghargaan tersebut antara lain:

Satu, capaian prestasi dalam pelaksanaan pemetaan mutu Pendidikan dengan pengisian PMP 100% tertinggi se-indonesia dengan 972 sekolah memperoleh predikat melampaui Standar nasional Pendidikan (SNP).

Dua, pelaksanaan pengelolaan sekolah di Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pendemik Covid 19 dengan berbagai terobosan yang inovatif, diantaranya; Platform aplikasi Jogja Belajar, Buku panduan dan modul pendudkung PJJ, dan buku Best Practice PJJ.

Tiga, Pelaksanaan kemitraan antara Pemda dengan LPMP DIY dalam peningkatan mutu Pendidikan , diantaranya; Seleksi Calon Kepala Sekolah, Seleksi Calon pengawas, Penguatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Pelatihan Pustakawan dll.

Piagam penghargaan diserahkan langsung secara simbolis oleh Dirjen PAUD Dikdasmen melalui Vidcon dari Jakarta dan dilanjutkan secara fisik oleh Kepala LPMP DIY kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/kota se- DIY pada hari Senin, 19 Oktober 2020 saat LPMP DIY menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Pemetaan Mutu Pendidikan.

Dalam sambutannya, Dirjen PAUD Dikdasmen menyampaikan bahwa kunci keberhasilan pembangunan ada di daerah, dan sinergitas semua pemangku kepentingan pusat dan daerah.  Oleh karena itu, kemendikbud akan melakukan revitalisasi UPT yang ada di daerah yaitu P4TK, LPMP dan BPPAUD Dikmas sehingga benarbenar dapat menjadi kepanjangan tangan Kemdikbud di dalam membersamai Pemda membangun dan memajukan pendidikan. Dalam revitalisasi UPT, LPMP dan BPPAUD Dikmas akan demerger menjadi Balai Besar Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan (BBPMP).

Dalam kesempatan yang sama, LPMP DIY juga memberikan penghargaan kepada para Kepala Balai Dimen se-DIY dan MKPS atas dukungan dan kerjasamanya dalam menyukseskan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan. (Minhajul Ngabidin)

#Bergerak Bersma Memajukan Mutu Pendidikan

#Bersama Kita Bisa, melayani Sepenuh Hati

Artikel Lain

Dialog Interaktif Pendidikan Bersama Mas Menteri

Kamis, 18 Maret 2021 yang lalu dilakukan dialog interaktif secara daring antara Mas Menteri, Nadiem …

On the Job Training (OJT) 1 Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah Kabupaten Sleman

Penyiapan Calon Pengawas Sekolah dilakukan berdasarkan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun …