Info Penting
Home / Berita / PEMENANG LOMBA BEST PRACTICES PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 DAPAT PENGHARGAAN DARI PUSPRESNAS KEMENDIKBUD

PEMENANG LOMBA BEST PRACTICES PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 DAPAT PENGHARGAAN DARI PUSPRESNAS KEMENDIKBUD

Yogyakarta, LPMP DIY — Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di segala aspek kehidupan. Di bidang pendidikan, pandemi ini membawa pada kondisi dimana sekolah harus ditutup, dan pembelajaran harus dilaksanakan dengan pola pembelajaran jarak jauh dengan belajar dari rumah. Kondisi ini tentu menyulitkan banyak pihak, baik guru, siswa, maupun orang tua. Kendati demikian, kondisi ini tidak menyurutkan semangat para guru dan insan pendidikan lainnya untuk terus berusaha, berkreasi dan berinovasi agar proses pembelajaran tetap berlangsung.

Untuk memberikan apresiasi atas perjuangan para guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Lomba Penulisan Best Practices Kreativitas dan Inovasi Pengelolaan Pembelajaran di Masa Darurat Pandemi Covid-19. Kegiatan yang digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 ini bertujuan untuk mendorong motivasi para guru agar terus berkreasi dan berinovasi, untuk memberikan apresiasi kepada para guru, serta memberikan ruang bagi upaya peningkatan keprofesian guru secara berkelanjutan. Tema lomba disesuaikan dengan kondisi aktual saat ini yaitu berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.

Kegiatan yang dilaunching bersamaan saat pelaksanaan Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Hardiknas ini, pada tanggal 6 Mei 2020 oleh Sesditjen PAUD Dikdasdan Dikmen Kemdikbud (Dr. Sutanto, SH, MA) ini tak disangka ternyata disambut dengan antusiasme peserta yang sangat tinggi. Hal ini terbukti sampai dengan batas akhir penerimaan makalah, tanggal 2 Juni 2020, peserta yang mengirimkan naskahnya melampui target yaitu sebanyak 269 orang yang berasal dari 20 provinsi se-Indonesia dari semua jenjang dengan rincian SD 83 peserta, SMP 74 peserta, SMA 56 peserta, SMK 44 peserta dan SLB sebanyak 12 peserta.

Ada tiga hal yang menjadi penekanan dalam penilaian best practices ini, yaitu : 1) aktualitas kegiatan benar-benar dilaksanakan dalam rangka penanganan pembelajaran di masa Pandemi COVID-19, 2) Unsur kreativitas dan inovasi, dan 3) kebermanfaatan, keberhasilan dan keunggulan pembelajaran yang dilakukan. Unsur penilaian kreativitas dan inovasi disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran jarak jauh di era kekinian, yaitu adanya sentuhan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Setelah melalui penilaian dokumen, 20 peserta terbaik sebagai finalis telah mengikuti babak akhir penilaian, yaitu seminar dan wawancara secara daring yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2020. Seminar wawancara ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi dan menggali lebih lanjut implementasi pengelolaan pembelajaran jarak jauh yang dituliskan oleh para finalis, terutama untuk melihat kreativitas, inovasi, manfaat dan keunggulan dari pembelajaran yang dilakukan, serta mendapatkan gambaran respon siswa dan keterlibatan orangtua siswa atau orang dewasa lainnya di rumah. Pelaksanaan seminar dan wawancara bersifat terbuka dan ditayangkan langsung melalui live streaming youtube sehingga dapat diikuti oleh berbagai pihak, terutama guru-guru dari seluruh Indonesia. Recorded live streaming dapat dilihat di tautan berikut (https://www.youtube.com/watch?v=q_qWnyG9yYw).

Setelah melalui tahap seleksi dan penjurian, keluar sebagai Juara I untuk masing-masing jenjang adalah : Juara I jenjang SD Dini Annisa Nurbaety Elsola, S.Pd (SDN Selo Kabupaten Kulon Progo, DIY), jenjang SMP Wahyu Purwanto, S.Pd., M.Pd. (SMP Negeri 1 Lumajang, Jawa Timur), jenjang SMA Riyantiarni, S.Pd (SMAN 6 Yogyakarta), jenjang SMK Dwi Ermavianti Wahyu Sulistyorini, S.Pd (SMKN 2 Sewon, Bantul, Yogyakarta), dan rumpun SLB Veni Sepriani, S.Pd (SLBN 1 Bantul, DIY). Daftar lengkap pemenang dan judul-judul makalah Best Practices dapat dilihat di bagian akhir tulisan ini.

Dalam kesempatan penutupan kegiatan, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Asep Sukmayadi, S.I.P menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pemnyelanggaraan kegiatan ini. Secara khusus Asep Sukmayadi juga memberikan apresiasi dan rasa bangga kepada para peserta yang atas semangat dan perjuangan yang luar biasa, meskipun di masa-masa sulit, terus berusaha melakukan terobosan sehingga pembelajaran di masa darurat covid dapat dilaksanakan dengan penuh kreasi dan inovasi dan bahkan menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Atas capaian prestasi ini, beliau menyampaikan akan memberikan Piagam Penghargaan secara khusus atas nama Setjen Kemdikbud, dan beberapa peserta dengan keunikan kreasi dan inovasinya akan diberikan kesempatan untuk mensharingkan pengalamannya pada kegiatan-kegiatan Puspresnas Kemdikbud di tingkat nasional.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd, M.Si, pada saat penyerahan sertifikat dan hadiah uang pembinaan secara simbolis menyampaikan apresiasi yang tinggi atas semangat dan perjuangan para guru di seluruh Indonesia dalam melaksanakan pebelajaran di masa COVID-19 ini. Selanjutnya Best Practices yang ada setelah melalui proses kurasi, perbaikan dan penyempurnaan, akan dikoordinasikan bersama Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat dipublikasikan sehingga diharapkan bisa bermanfaat sebagai inspirasi bagi guru lain untuk dapat diadopsi, diadaptasi dan dikembangkan. (Min, Moes)

JENJANGNAMASEKOLAHPROVINSIJUDUL MAKALAHJUARA
SDDINI ANNISA NURBAETY ELSOLA, S.Pd.SD N Selo Kulon progoDIYPENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR PADA PELAKSANAAN SCHOOL FROM HOME (SFH) SISWA KELAS V SD NEGERI SELO KAPANEWON KOKAP, KULON PROGOI
ELLY BUDIYATI, S.Pd., M.PdSD Muhammadiyah Mulusan 1DIYPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING MODEL SELF ORGANISED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER II DI SD MUHAMMADIYAH MULUSAN 1 KECAMATAN PALIYAN KAB GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020II
IDHA FITRIASTUTI, S.PdSD N PENGKOL DIYIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOLE MELALUI ZOOM CLOUD MEETING PADA TEMA SEMBILAN SUB TEMA DUA PEMBELAJARAN TIGA MUATAN IPS DAN PPKn KELAS VI SD N PENGKOL III
NURAINI, S.Pd SD.SD Negeri 1 Dasan Tereng NTBPembelajaran Pola Kooperatif Multilevel Tanpa Laba Melalui Penggunaan Aplikasi WhatsApp dapat Mempermudah Siswa SDN 1 Dasan Tereng Belajar Dari Rumah IV
MURNI, S.Pd.I, M.PdSD IT YABIS BontangKALIMANTAN TIMURPEMBELAJARAN MASA DARURAT COVID-19 MELALUI PERMAINAN BOKER UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KELAS 3-B SDIT YABIS BONTANGV
SMPWAHYU PURWANTO, S.Pd., M.Pd.SMP Negeri 1 LumajangJAWA TIMURVirtual Role Playing Melalui Whatsapp Group Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 Untuk Mewujudkan Pembelajaran IPS Bermakna di SMPN 1 LumajangI
ANI MEITIKASARI, M.Pd.SMP Negeri 1 Gedung Aji, LampungLAMPUNGImplementasi Metode Dbel(Digital – Based Experiential Learning) dalam Pembelajaran Simple Past Tensepada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Gedung Aji, LampungII
BAHAR SUNGKOWO, M.PdSMP Internat Al-Kausar SukabumiJAWA BARATPenerapan “Cino Blended Learning” Berbantuan Multi Aplikasi Sebagai Solusi Cerdas Pembelajaran Jarak Jauh IPS di SMP Internat Al-Kausar Kabupaten SukabumiIII
EKA WAHYUNINGSIH, M.PdSMP Negeri 3 PamotanJAWA TENGAHImplementasi Bimbingan Karir Berbasis Cyebercounseling Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Entrepreneurship Siswa Sebagai Solusi di Masa Darurat Covid-19IV
HINDUN ASTIANI, S. PdMTs Negeri 2 PurbalinggaJAWA TENGAHPenerapan Metode Chatting Berantai-20 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII G MTs Negeri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Masa Belajar Dari RumahV
SMARIYANTIARNI, S.PdSMA NEGERI 6 YOGYAKARTADIYPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA KETERAMPILAN MENGEKSPRESIKAN PUISI BERBAHASA PRANCIS KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA DALAM MASA TANGGAP DARURAT COVID-19I
FERY MULYADI, S.H.ISMA ISLAM AS-SHOFA RIAUPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “GO WIN QUIZ” SEBAGAI SOLUSI INOVATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MASA DARURAT PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN KELAS X IIS 2 SMA ISLAM AS-SHOFA.II
BEKTI MULATSIH,M.PdSMAN 1 BANGUNTAPANDIYPENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIPA SMA N 1 BANGUNTAPAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PADA MASA COVID-19III
YUSUF SODHIQIN, S.Pd.SMA NEGERI 1 KOTA TANGERANG SELATAN BANTENPenerapan Meaningfull Learning Melalui Project Based Learning Menggunakan Konsep SACOBI (Statistika, Covid-19 dan Hobi) pada Pembelajaran Daring Matematika Selama Masa Darurat Covid – 19IV
SMKDWI ERMAVIANTI WAHYU SULISTYORINI, S.PdSMK NEGERI 1 SEWONDIYOPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TATA RIASI
INDAYATMI, S.Pd, M.ScSMK NEGERI 2 DEPOKDIYKREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANALISIS GRAVIMETRI MELALUI METODE BLENDED LEARNING ONLINE PADA MASA DARURAT COVID-19II
NURYA KHUSNA, S.PdSMK NEGERI 1 MOJOSONGO BOYOLALIJAWA TENGAHPEMANFAATAN SOSIAL MEDIA TIKTOK DAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANALISIS KIMIA DASAR KELAS X PADA MATERI BAHAYA BAHAN KIMIA DI SMK NEGERI 1 MOJOSONGO BOYOLALIIII
SELY INDRASWARI, S.PdSMK TUNAS HARAPAN PATIJAWA TENGAHSADAR PANDEMI MELALUI PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOMIV
SLBVENI SEPRIANI, S.PdSLB Negeri 1 BantulDIYPEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI STRATEGI 4T1S DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 2 SD TUNARUNGU DI SLB NEGERI 1 BANTULI
NUR'AINI, S.PdSLB NEGERI SRAGENJAWA TENGAHLEMKERTO TINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN TUGAS ONLINE SISWA TUNARUNGU KELAS IX SMPLB DI SLB NEGERI SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020II

Artikel Lain

PROSES PENEMPATAN CALON MAHASISWA PPG DALJAB KE LPTK

Pada tahun 2020 PPG Dalam Jabatan akan berlangsung sepenuhnya secara daring karena Indonesia masih dalam …

DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud berdasarkan surat nomor 1845/B.B2/GT/2020 pada tanggal 15 Juni …