Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Widyaprada

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Widyaprada:

Upaya antisipasi perubahan dan pengembangan organisasi UPT di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen

LPMP DIY – Hari ini, Kamis, 18 Februari 2021, dilaksanakan Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Widyaprada di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan berlangsung secara online mulai pukul 09.30 WIB, diselenggarakan secara terpusat oleh Setditjen Paud, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, bertempat di LPMP masing-masing provinsi di Indonesia. Untuk wilayah D.I. Yogyakarta, upacara diikuti oleh 31 orang calon Widyaprada Pertama, Muda dan Madya, yang berasal dari unsur Widyaiswara LPMP DIY serta Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas Prov. DIY, Prov. Bengkulu dan Prov. Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Direktur Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen, Jumeri S.TP., M.Si menyampaikan bahwa selain bertujuan untuk pengembangan karir, pengalihan jabatan fungsional ini sesungguhnya merupakan salah satu upaya antisipasi dan penyiapan perubahan dan pengembangan organisasi UPT di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen. Sebagaimana Permendikbud Nomor 45 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud, pengintegrasian penanganan urusan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dalam satu Direktorat Jenderal, yaitu Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, berdampak pada perlunya dua UPT di daerah yang membantu melaksanakan tugas teknis dan operasional bidang PAUD dan bidang Dikdasmen juga diintegrasikan menjadi satu UPT, yaitu Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan (BBPMP) yang nantinya akan berada di semua provinsi di Indonesia.

Lebih lanjut, Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen menekankan bahwa perubahan dalam organisasi adalah hal biasa dan lumrah dalam organisasi pemerintahan, yang terpenting untuk disiapkan adalah kemampuan beradaptasi dalam menghadapi segala bentuk perubahan tersebut. Terakhir, beliau mengingatkan kepada seluruh plt kepala LPMP dan plt kepala BP PAUD dan Dikmas, untuk tetap fokus mengawal dan melaksanakan program dan kegiatan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya, yang tetap mengedepankan pelayanan kepada masyarakat . Beliau menekankan untuk mengawal Program Sekolah Penggerak yang merupakan salah satu episode dari Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh pimpinan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mus dan Sin).

Artikel Lain

Dialog Interaktif Pendidikan Bersama Mas Menteri

Kamis, 18 Maret 2021 yang lalu dilakukan dialog interaktif secara daring antara Mas Menteri, Nadiem …

On the Job Training (OJT) 1 Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah Kabupaten Sleman

Penyiapan Calon Pengawas Sekolah dilakukan berdasarkan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun …