Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK
Pameran Produk

Menjalin Jejaring Program Kemitraan Melalui Sosialisasi PMP Tahap II

Bertempat di Auditoriun Ki Hajar Dewantara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi D.I. Yogyakarta, hari Jum,at tanggal 8 Oktober 2021 berlangsung kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)  tahap ke 2. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Koordinator Fungsi Fasilitasi dan Kemitraan LPMP DIY, Dr. Arwan Rifai, S.Si, M.Pd. Kegiatan sosialisasi PMP diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari unsur Dinas Dikpora Provinsi DIY, Balai Dikmen Kabupaten/Kota, Dinas pendidikan Kabupaten/Kota, BKPP Kabupaten/Kota, MKKS, MGMP, KKKS,KKTK Kabupaten /Kota dan Koordinator PTK PTS wilayah Bantul dan Kulon Progo. Dalam sambutannya Arwan menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta kegiatan yang telah berkesempatan hadir pada kegiatan sosialisasi PMP sekaligus memohonkan ijin dan menyampaikan salam hangat dari Kepala LPMP Provinsi D.I. Yogyakarta, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.si., yang berhalangan hadir karena sedang bertugas di Jakarta.

Kegiatan Sosialisasi PMP diselenggarakan dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan  program kemitraan  dan implementasi program kerjasama LPMP DIY. Diharapkan melalui forum ini akan terjalin komunikasi dan kerjasama program antara LPMP DIY dan Pemerintah Daerah propinsi D.I. Yogyakarta.

Seusai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Materi Sosialisasi PMP oleh Arwan yang memaparkan program kemitraan dan fasilitasi penjaminan mutu pendidikan yang telah dilakukan oleh LPMP DIY. Disampaikannya bahwa program-program fasilitasi dan kerjasama yang telah bergulir diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu guru.

Hadir sebagai nara sumber kegiatan, Drs. Suharji, M.Pd, Widyaprada LPMP DIY yang membawakan materi Program Tindak Lanjut PTK PTS dalam Bentuk Publikasi Ilmiah. Materi ini dirasa penting untuk memotivasi kratifitas Bapak/Ibu guru dalam melakukan inovasi dan perbaikan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 melalui penulisan PTK/PTS. Pada kesempatan yang sama Suharji juga memberikan penjelasan terkait publikasi ilmiah dan memotivasi peserta untuk selalu mengembangkan profesinya serta aktif menuangkan ide dan gagasannya  dalam bentuk tulisan.

Untuk melengkapi materi kegiatan sosialisasi PMP, tim pengembang teknologi pembelajaran (PTP) LPMP DIY, Agus Bintarto, S.Kom menyampaikan program unggulan yang telah dilaksanakan dalam rangka memberikan layanan peningkatan mutu pendidikan di DIY. Berbagai program unggulan yang telah didesain oleh tim PTP LPMP DIY diantaranya adalah : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video, Pembimbingan dan Konsultasi Literasi TIK, Pendampingan Sekolah Jauh, Pemanfaatan Portal Rumah Belajar, Optimalisasi Belajar.Id dan Pemanfaatan Google Data Studio.

Diskusi hangat terkait dua materi yang disampaikan narasumber mewarnai jalannya kegiatan Sosialisasi PMP. Respon Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota terkait program kemitraan dan program unggulan sangat baik dan dengan antusias melakukan sharing detail kegiatan. Acara diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut terkait usulan nama calon peserta publikasi ilmiah yang akan dilaksanakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta. (Erni/FPMP)

Artikel Lain

Perkuat Literasi dan Numerasi, LPMP DIY Laksanakan Koordinasi dan Advokasi Lintas Instansi

Sebagai bagian dari upaya mendorong terwujudnya program pengembangan literasi dan numerasi yang kuat dan solid …

Perkuat Profesionalitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Laksanakan Pelatihan Dasar bagi P3K

(Yogyakarta, 22 Nopember 2021).  Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kuantitas dan juga kualitas sumberdaya manusia, …