Info Penting
Home / Widya Iswara / Harli Trisdiono, MM / Mengembangkan Ketrampilan Teknologi Informasi Komunikasi melalui Pembelajaran Terintegrasi

Mengembangkan Ketrampilan Teknologi Informasi Komunikasi melalui Pembelajaran Terintegrasi

Oleh : Harli Trisdiono

Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

harli_tris@yahoo.co.id

Abstrak

Kurikulum 2013 menghendaki terintegrasikannya ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam setiap proses pembelajaran. Pengintegrasian setiap ranah pembelajaran dimaksudkan untuk meningkatkan kebermaknaan pembelajaran. Salah satu keterampilan yang perlu dikuasai dan dikembangkan peserta didik adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan TIK salah satunya adalah pembelajaran yang berbasis produk, artinya dalam setiap langkah pembelajaran, peserta didik menghasilkan produk yang dibuat dengan menggunakan alat bantu komputer sebagai salah satu komponen TIK.

Pengintegrasian keterampilan TIK disesuaikan dengan tingkat perkembangan, kebutuhan usia dan kelas peserta didik, sehingga secara bertahap semakin kompleks. Selain itu, daya dukung peserta didik dan sekolah perlu dianalisis, sehingga pendidik tidak terbelenggu dengan daya dukung yang kurang. Daya dukung pendidik harus ditingkatkan dan memenuhi standar kompetensi literasi TIK.

Kata kunci : kurikulum 2013, literasi TIK; pembelajaran terintegrasi.

Artikel Lain

Strategi Menjangkau Sasaran Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dengan Menggunakan Modaliti Blended Training

Strategi Menjangkau Sasaran Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru dengan Menggunakan Modaliti Blended Training Oleh …

Peran Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah

Peran Widyaiswara Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Daerah Oleh : Harli …