Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK

Memonitor Tindak Lanjut Rekomendasi Peningkatan Mutu Pendidikan, LPMP DIY Kembangkan Aplikasi SI JAKA MUDIK

Salah satu tugas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta adalah melakukan Pemetaan Mutu Pendidikan di wilayah provinsi D.I.Yogyakarta. Pemetaan Mutu Pendidikan adalah kegiatan memotret capaian mutu satuan pendidikan terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hasil pemetaan mutu yang berupa data mutu pendidikan ini sangat diperlukan dalam rangka mengidentifikasi capaian mutu yang perlu ditingkatkan.

Tahun 2020 ini, identifikasi capaian mutu dilakukan oleh koordinator pengawas pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam bentuk kegiatan Analisis Data Mutu Pendidikan yang diselenggarakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta selama 3 hari pada tanggal 21 sd 23 September 2020. Hasil analisis yang dihasilkan pada kegiatan tersebut  kemudian dijadikan acuan dalam penyusunan rekomendasi peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh para koordinator pengawas pada kegiatan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan LPMP D.I.Yogyakarta selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 28 sd 30 september 2020.

Beberapa tahun terakhir, pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan di provinsi D.I.Yogyakarta selalu menduduki ranking teratas dalam hal pelaksanaan pengumpulan data serta kualitas data yang terinput. Oleh karena itu, tantangan berikutnya adalah bagaimana data yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara efektif dalam merumuskan kebijakan program peningkatan mutu pendidikan di wilayah provinsi D.I. Yogyakarta.

Menjawab tantangan ini, kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, merancang sebuah model penjaminan mutu pendidikan terpadu yang didukung dengan aplikasi SI JAKA MUDIK yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan.  Diharapkan melalui aplikasi SI JAKA MUDIK ini, perkembangan pelaksanaan rekomendasi peningkatan mutu pendidikan dapat terpantau dan dapat lebih mendorong semangat Satuan Pendidikan agar berlomba-lomba meningkatkan mutunya, sehingga budaya mutu yang merupakan tujuan utama penjaminan mutu pendidikan dapat terwujud secara efektif di provinsi D.I.Yogyakarta.  (Dwi/SI/2020)

Artikel Lain

Dialog Interaktif Pendidikan Bersama Mas Menteri

Kamis, 18 Maret 2021 yang lalu dilakukan dialog interaktif secara daring antara Mas Menteri, Nadiem …

On the Job Training (OJT) 1 Diklat Fungsional Calon Pengawas Sekolah Kabupaten Sleman

Penyiapan Calon Pengawas Sekolah dilakukan berdasarkan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun …