Info Penting
ZIWBK

LPMP DIY SELENGGARAKAN PENJAMINAN MUTU DI MASA PANDEMIK MELALUI PENDAMPINGAN SEKOLAH SECARA DARING

Salah satu bentuk pelaksanaan tugas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I. Yogyakarta adalah menyelenggaraan Pendampingan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terhadap Satuan Pendidikan. Kegiatan pendampingan biasanya diselenggarakan dalam bentuk visitasi ke sekolah binaan, namun mengingat kondisi yang tidak memungkinkan karena dampak pandemik Covid 19, pendampingan dilakukan secara daring.

Kegiatan pendampingan SPMI Sekolah Binaan dilakukan secara daring dengan metode IN dan ON, dimulai  dengan kegiatan IN yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 sd 24 Agustus yang lalu dengan  melibatkan 200  peserta yang terdiri atas Kepala Sekolah dan  Guru dari sekolah binaan jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd. M.Si,menyampaikan dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, menyatakan bahwa penjaminan mutu Pendidikan tidak dilakukan untuk merubah satuan Pendidikan menjadi sekolah favorit, tetapi untuk dapat mengantarkan sekolah/satuan pendidikan memiliki semangat dan kemampuan untuk meningkatkan mutu, sehingga penjaminan mutu pendidikan yang berhasil bukan hanya terletak pada level/status sekolah. Sekolah yang baik adalah yang dapat mengelola sekolahnya dalam menghadapi peluang dan tantangan untuk meningkatkan mutu Pendidikan,  dapat memotivasi guru, siswa, orang tua untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Pada kesempatan ini Minhajul juga menekankan bahwa walau Kebijakan pada masa pandemi ini berdampak pada pengurangan anggaran dan kegiatan dilaksanakan secara darin,  penjaminan mutu pendidikan tetap dilaksanakan secara terus menerus agar dapat melayani dan mendidik siswa dengan baik. Materi pendampingan difokuskan pada pembelajaran di masa covid agar memberikan inspirasi dan solusi terkait metode, strategi dan menghadapi tantangan pembelajaran yang efektif dan menarik walau di masa pandemik.

Kegiatan pendampingan sekolah binaan secara daring ini akan dilanjutkan dengan sistem selang seling ON dan IN  dengan pendamping Widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP D.I.Y.  (Nurul FPMP).

Artikel Lain

BEKERJASAMA DENGAN DINAS DIKPORA KABUPATEN BANTUL LPMP DIY ADAKAN SELEKSI SUBSTANSI BAKAL CALON PENGAWAS TAHUN 2020

Memperhatikan data proyeksi kebutuhan Pengawas Sekolah dalam 5 (lima) tahun ke depan, mendorong Dinas Dikpora …

RILIS RAPOR MUTU PMP DIKDASMEN 2019

Kepada Yth. 1. Kepala LPMP 2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 3. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota 4. Kepala SD, SMP, SMA, dan …