Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK
Pameran Produk

KERJASAMA DENGAN STMM “MMTC”, LPMP DIY SELENGGARAKAN PELATIHAN PRODUKSI AUDIO VISUAL BAHAN AJAR

 

Selama 5 hari dari tanggal 20 sd 24 September, LPMP DIY bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) “MMTC” Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan Produksi Audio Visual Bahan Ajar. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri atas pegawai struktural dan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP).

STMM “MMTC” Yogyakarta adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV dan Starta I. Selain menyelenggarakan pendidikan formal, STMM “MMTC” juga mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta, lembaga-lembaga pendidikan dan masyarakat umum. Kerjasama yang dijalankan adalah berupa pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan tingkat lanjut (S2, S3), penyelenggaraan diklat-diklat teknis dan penyewaan fasilitas.

LPMP DIY bekerjasama dengan STMM “MMTC” Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan peningkatan kompetensi pegawai dalam hal pembuatan audio visual bahan ajar. Kepala LPMP DIY, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si., saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa pengetahuan dan keterampilan pembuatan audio visual bahan ajar sangat penting untuk dikuasai oleh pegawai, terutama pegawai fungsional LPMP DIY. Salah satu tugas pokok dan fungsi LPMP DIY adalah memberikan bimbingan teknis, dimana bentuk teknis pelaksanaannya adalah berupa pengajaran. Oleh karena itu, inovasi bahan ajar sangat diperlukan agar kualitas layanan yang diberikan dapat mengikuti perkembangan jaman.

Metode pelatihan dilakukan dengan 2 cara, yaitu:  teori dan praktek, dengan komposisi: 1 hari teori dan 4 hari praktek. Materi pelatihan meliputi: Konsep Produksi Media Audio Visual Bahan Ajar dan Chroma Key, Penulisan Naskah Produksi Media Audio Visual Bahan Ajar, Pengoperasian kamera, Audio dan Penyuntingan pada Produksi Media Audio Visual Bahan Ajar. Peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan antusias karena materi dan metode yang diberikan cukup menarik. (Dwi/SI)

 

 

Artikel Lain

Perkuat Literasi dan Numerasi, LPMP DIY Laksanakan Koordinasi dan Advokasi Lintas Instansi

Sebagai bagian dari upaya mendorong terwujudnya program pengembangan literasi dan numerasi yang kuat dan solid …

Perkuat Profesionalitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Laksanakan Pelatihan Dasar bagi P3K

(Yogyakarta, 22 Nopember 2021).  Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kuantitas dan juga kualitas sumberdaya manusia, …