Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK
Pameran Produk

KEMITRAAN LPMP JOGJA DAN YASARINI MENGANGKASA MELALUI DIKLAT ASSESOR PENILAIAN KINERJA GURU (PKG)

LPMP D.I Yogyakarta bekerjasama dengan Yayasan Ardhya Garini Lanud Adisucipto menyelenggarakan Diklat  Assesor Penilaian Kinerja Guru (PKG) bagi guru Sekolah Angkasa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dimulai pada tanggal 4 s.d. 7 Oktober 2021 bertempat di LPMP D.I Yogyakarta. Diklat  Assesor PKG ini diikuti oleh guru dari jenjang TK/Kelompok Belajar, SMP, SMA dan SMK Angkasa dibawah Yayasan Ardhya Garini Lanud Adisucipto Yogyakarta.

Pembukaan Diklat oleh Kepala LPMP D.I.Yogyakarta, Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si.

Dalam Laporanya Koordinator fungsi Kemitraan dan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Dr. Arwan Rifai, S.Si, M.Pd menyebutkan bahwa kegiatan ini diikuti 20 peserta meliputi 3 orang Peserta Kelompok Bermain, 1 orang Peserta TK, 4 orang peserta SMP,  4 orang peserta  SMA, dan 8 orang peserta SMK.

Kegiatan pelatihan penilaian kinerja guru dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta pelatihan memiliki kompetensi untuk melakukan penilaian kinerja guru sesuai kewenangannya. Setelah menjalani diklat PKG ini diharapkan peserta mampu mengusasai beberapa keterampilan berikut:

  1. menjelaskan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru,
  2. menjelaskan mekanisme dan prosedur penilaian kinerja guru,
  3. menjelaskan mekanisme dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), menjelaskan isi dokumen yang terkait dengan penilaian kinerja guru,
  4. mengidentifikasi aktivitas guru yang signifikan terkait dengan kinerjanya,
  5. menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru ke dalam bentuk angka berdasarkan kriteria/indikator tiap kompetensi, dan melakukan penilaian kinerja guru secara objektif, jujur, dan efektif.
Kapten Tek. Ardiansyah Putra Lubis, S.T. (KS SMP Angkasa), Dr. Arwan Rifai, S.Si., M.Pd. (Koorsi Kemitraan & FPMP), Mukotimah, S.Pd (KS TK Angkasa), Tri Wahyuni, S.Pd. (KS KB Angkasa), Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si (Kepala LPMP DIY), Letkol Kal. Suryo Leksono Wibowo, S.A.P., M.M. (Kepala Sekolah SMK Angkasa Lanud Adisucipto)

Hasil penilaian kinerja guru dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Hasil PKG juga merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan “insan yang cerdas dan berdaya saing tinggi” lebih cepat direalisasikan.

Kegiatan Diklat Asesor PKG diampu oleh Widyaprada LPMP D.I.Y. DR. Sugiyanta; Drs. Suharji dan Woro Esthi Hartiwi, S.Pd., M.Hum. (Tim Kemitraan dan FPMP)

Artikel Lain

Perkuat Literasi dan Numerasi, LPMP DIY Laksanakan Koordinasi dan Advokasi Lintas Instansi

Sebagai bagian dari upaya mendorong terwujudnya program pengembangan literasi dan numerasi yang kuat dan solid …

Perkuat Profesionalitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Laksanakan Pelatihan Dasar bagi P3K

(Yogyakarta, 22 Nopember 2021).  Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kuantitas dan juga kualitas sumberdaya manusia, …