Info Penting
ZIWBK

Karya Tulis Ilmiah Sebagai Bagian dari PKB Guru

LPMP D.I Yogyakarta sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan, pada hari Sabtu tanggal 29 November 2014 yang lalu telah menyelenggarakan Seminar Karya Tulis Ilmiah dengan Tema: Guru sebagai Agen Perubahan dalam Pendidikan.

Berperan sebagai Keynote Speaker dalam seminar Karya Tulis Ilmiah ini adalah Prof. Dr. Rer. Nat. Widodo yang merupakan Guru Besar Matematika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan juga Kepala PPPPTK Matematika BPSDMPK PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Peserta Seminar adalah guru SD, SMP, SMA dan Pengawas Sekolah yang sangat antusias mengikuti acara yang diselenggarakan oleh bagian Kepegawaian Sub Bagian Umum serta Widyaiswara LPMP D.I Yogyakarta.

Di dalam makalah utama yang disampaikan oleh keynote speaker, Widodo menguraikan bahwa Karya Tulis Ilmiah adalah sebagai bagian dari PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Guru. Pelaksanaan PKB atau CPD (Continuous Professional Development) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sesuai dengan pasal 11 ayat c Permen PAN RB No.16 Tahun 2009 dan telah diberlakukan sejak tahun 2013. Pada kesempatan ini dijelaskan juga PKB Guru yang meliputi: pengembangan diri, publikasi, dan innovasi seperti apa yang harus dilakukan pendidik agar selalu dapat meningkatkan kompetensinya sehingga menjadi guru profesional.

Selanjutnya materi dari Bpk. Widodo dapat diunduh disini.

Artikel Lain

Strategi Mengajar untuk Meningkatkan HOTS

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting terdahulu terkait HOTS. Perlu disadari bahwa HOTS bukan sekedar …

Mendikbud Imbau Guru Terus Kembangkan Model Pembelajaran HOTS

Yogyakarta, Kemendikbud —- Memasuki era milenium, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengimbau para …