Info Penting
Home / Berita / JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENALLE 2018

JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENALLE 2018

“Jogya Internasional Batik Bienalle 2018” (JIBB), diselenggarakan di Pegelaran Kraton, D.I. Yogyakarta. Kegiatan dimulai pada hari Rabu, 3 Oktober 2018 dengan simposium dan, ditutup dengan workshop pada hari Sabtu yang akan datang, tanggal 6 Oktober 2018. . Kegiatan JIBB dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mewakili Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Acara JIBB terdiri dari forum diskusi, pameran mode (Fashion Show), pameran batik, karnaval, dan kunjungan seni tentang batik yang dihadiri peserta dari berbagai penjuru dunia.

Saat membuka JIBB, Mendikbud menjelaskan bahwa Pelaksanaan JIBB merupakan salah satu upaya Indonesia untuk terus mempromosikan dan mengembangkan batik, karena batik sudah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Oleh karena itu sudah menjadi  tanggung jawab Indonesia untuk menghasilkan karya inovasi batik yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Pada kesempatan ini Mendikbud memaparkan tentang sejarah ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, yaitu saat dilakukannya pengukuhan Batik sebagai salah satu dari “Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity” pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh  sekretariat Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Kemdikbud berharap “Jogja International Batik Biennale 2018” dapat menjadi salah satu sarana untuk menjadikan Batik semakin mendunia dan menjadikan masyarakat semakin mencintai nilai budaya batik dan bangga akan warisan budaya nenek moyang.

Gubernur D.I.Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang turut memberikan sambutan, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan JIBB digelar dengan konsep Inovation for sustainable future yaitu batik dituntut mampu menerobos fashion style dunia sebagai produk tradisi dengan tetap mengekspresikan identitas bangsa yang bersifat unik dan orisinal, serta alami kelestariannya untuk masa depan. Pada sambutannya Gubernur juga memberikan apresiasi, serta berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh World Crafts Council dengan menempatkan Yogya sebagai Kota Batik Dunia.

Artikel Lain

DAFTAR CALON PESERTA/CADANGAN PPG DALJAB 2018 TAHAP III

Post Views: 2,282 Pengumuman Yth bapak ibu guru Di dalam daftar (klik untuk mengunduh) Dimohon …