Info Penting
Home / Artikel / Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta

Evaluasi Pelaksanaan Standar Penilaian Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta

EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PENILAIAN JENJANG SEKOLAH DASAR
DI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN D.I. YOGYAKARTA

oleh :
Drs. Suharji, M.Pd
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : suharjilpmp@yahoo.com

DSC_9122-3

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: a). untuk mengetahui pemahaman pendidik terhadap penilaian pembelajaran kurikulum 2013, b).untuk mengetahui kendala pelaksanaan penilaian pembelajaran kurikulum 2013 yang dilakukan pendidik jenjang sekolah dasar di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan model pendekatan Instalasi Desaint-proses-Produk. Data dikumpulkan dengan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah sekolah dasar yang melaksanakan kurikulum 2013 di Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, dengan subjek penelitian guru kelas. Data penelitian yang terkumpul dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : hasil evaluasi instalasi desain: a). pemahaman standar penilaian pada perencanaan terutama dalam merencanakan ulangan harian atau formatif pencapaiannya 52% kualifikasi cukup, masih sangat perlu ditingkatkan, b). pengembangan metode penilaian proses dan hasil belajar nilai capaiannya 71% kualifikasi cukup, masih sangat perlu ditingkatkan. Evaluasi proses : evaluasi proses capaiannya 73% dengan kualifikasi cukup sangat perlu ditingkatkan. Evaluasi produk: a). evaluasi pengambilan keputusan berdasarkan hasil penilaian pemahaman peserta didik capaiannya 80% dengan kualifikasi baik, perlu ditingkatkan. 2). pemanfaatan hasil penilaian uintuk pelaporan terhadap orang tua cukup membanggakan nilai capaiannya 90% dengan kualifikasi amat baik, perlu dipertahankan. Kendala pendidik dalam melaksanakan standar penilaian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pemahaman tentang kegunaan analisis hasil penilaian proses, pengkoleksian nilai proses dan hasil belajar, penilaian autentik, serta pendeskripsian laporan belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh pendidik.

Kata kunci : Evaluasi, Standar penilaian

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Artikel Lain

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru

Post Views: 2,278 PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU oleh : Yoko Rimy, M.Si. Widyaiswara LPMP …