Info Penting
Home / Seksi FPMP / DIKLAT PENGUATAN CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2014

DIKLAT PENGUATAN CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2014

Lahirnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah memberikan acuan bagi sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) kepala sekolah/madrasah, dan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah. Permendiknas ini tidak menghilangkan peran bupati/walikota dalam menentukan sumberdaya terbaik untuk menjadi kepala sekolah/madrasah. Guru yang akan diangkat menjadi kepala sekolah/madrasah tetap dipilih oleh bupati/walikota melalui program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mulai diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2013. Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau penyelenggara sekolah/madrasah wajib melaksanakan program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah. Penyiapan Calon Kepala Sekolah/Madrasah terdiri dari serangkaian kegiatan: sosialisasi program, seleksi administratif, seleksi akademik, penyusunan rencana pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepala sekolah/madrasah, diklat calon kepala sekolah/madrasah, dan evaluasi penyelenggaraan.

 

Dilandasi oleh pertimbangan di atas, maka  LPMP DIY sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan telah mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah di wilayah D.I. Yogyakarta yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak tanggal 23 September 2014 dan pada tanggal 24 s.d 30 November 2014 akan dilaksanakan Diklat bagi Calon Kepala Sekolah Jenjang TK Kota Yogyakarta. Adapun Tujuan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah/Madrasah ini adalah untuk menumbuh-kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan calon kepala sekolah/madrasah pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Sasaran Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah/Madrasah ini adalah kepala sekolah/madrasah jenjang TK yang lulus Seleksi Akademik yang berasal dari Kabupaten/Kota di Wilayah D.I.Yogyakarta.

Artikel Lain

Penerimaan Guru Kontrak Dinas Dikpora Kab. Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

Post Views: 4,487 Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di SD – SMPN Terpadu Distrik …