Info Penting
Home / Berita / Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bantul

Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bantul

IMG-20150407-WA0004-2Lahirnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah memberikan acuan bagi sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) kepala sekolah/madrasah, dan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah. Permendiknas ini tidak menghilangkan peran bupati/walikota dalam menentukan sumberdaya terbaik untuk menjadi kepala sekolah/madrasah. Guru yang akan diangkat menjadi kepala sekolah/madrasah tetap dipilih oleh bupati/walikota melalui program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mulai diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2013. Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau penyelenggara sekolah/madrasah wajib melaksanakan program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah. Penyiapan Calon Kepala Sekolah/Madrasah terdiri dari serangkaian kegiatan: sosialisasi program, seleksi administratif, seleksi akademik, penyusunan rencana pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepala sekolah/madrasah, diklat calon kepala sekolah/madrasah, dan evaluasi penyelenggaraan.

Dilandasi oleh pertimbangan di atas, maka LPMP DIY sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Bantul. Diklat Calon Kepala Sekolah/Madrasah dilaksanakan dengan pola in-service learning 1 – on the job learning – in service learning 2 (IN-ON-IN). In Service Learning 1 dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 31 Maret 2015 di LPMP D.I.Yogyakarta, On the Job Learning dilaksanakan selama 200 JP pada awal bulan April s.d. akhir bulan Juni 2015 di sekolah masing-masing setara dengan 150 JP dan di sekolah lain setara dengan 50 JP, sedangkan In Service Learning 2 akan dilaksanakan selama 30 JP pada awal bulan Juli 2015 di LPMP D.I.Yogyakarta.

Selanjutnya, peserta yang lulus diklat akan diverifikasi terkait semua proses yang telah diikuti. Apabila hasil verifikasi menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah memenuhi kriteria, maka kepadanya diberikan Sertifikat Kepala Sekolah. Dengan sertifikat ini berarti yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk diangkat dan ditempatkan sebagai kepala sekolah/madrasah oleh bupati/walikota.

IMG-20150407-WA0001-2IMG-20150407-WA0003-2

Artikel Lain

DAFTAR CALON PESERTA/CADANGAN PPG DALJAB 2018 TAHAP III

Post Views: 2,158 Pengumuman Yth bapak ibu guru Di dalam daftar (klik untuk mengunduh) Dimohon …