Home / Seksi FPMP / Diklat Calon Assesor Penilaian Kinerja Guru

Diklat Calon Assesor Penilaian Kinerja Guru

IMG_8417-2a LPMP D.I Yogyakarta bekerjasama dengan Kementerian Agama, Dinas Dikpora Kab. Gunungkidul, dan MKKKSTK Kab. Bantul menyelenggarakan Diklat Calon Assesor Penilaian Kinerja Guru (PKG). Kegiatan ini dilaksanakan masing-masing selama 3 (tiga) hari, dimulai pada tanggal 19-21 Januari 2015 (untuk Kemenag), tanggal 21-23 Januari 2015 (untuk Dinas Dikpora Kab. Gunungkidul) dan tanggal 27-29 Januari 2015 (untuk MKKKSTK Kab. Bantul) bertempat di LPMP D.I Yogyakarta. Diklat Calon Assesor PKG ini diikuti oleh guru dari jenjang RA/TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan pelatihan penilaian kinerja guru dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta pelatihan memiliki kompetensi untuk untuk melakukan penilaian kinerja guru sesuai kewenangannya. Setelah menjalani diklat PKG ini diharapkan peserta mampu menjelaskan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru, menjelaskan mekanisme dan prosedur penilaian kinerja guru, menjelaskan mekanisme dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), menjelaskan isi dokumen yang terkait dengan penilaian kinerja guru, mengidentifikasi aktivitas guru yang signifikan terkait dengan kinerjanya, menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru ke dalam bentuk angka berdasarkan kriteria/indikator tiap kompetensi, dan melakukan penilaian kinerja guru secara objektif, jujur, dan efektif.

Hasil penilaian kinerja guru dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Hasil PKG juga merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan “insan yang cerdas dan berdaya saing tinggi” lebih cepat direalisasikan.

IMG_8495-2aKlik tautan berikut untuk mendownload materi diklat PKG.
Buku 1 PKB Guru
Buku 2 Pedoman PK Guru
Buku 3 Permenpan 16-2009 & RB
Buku 4 Pedoman PKB dan Angka Kreditnya
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB

 

Artikel Lain

Penerimaan Guru Kontrak Dinas Dikpora Kab. Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di SD – SMPN Terpadu Distrik Bintuni Kabupaten Teluk …

Diklat Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah Kabupaten Tambrauw Papua Barat

Kepala sekolah memiliki peranan yang besar terhadap kualitas pendidikan suatu sekolah. Peran dan pengaruh kepala …