Info Penting
Home / Berita / DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud berdasarkan surat nomor 1845/B.B2/GT/2020 pada tanggal 15 Juni 2020 telah menyampaikan informasi pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020 (surat dapat diunduh disini). Sesuai isi lampiran surat tersebut, yang memiliki kesempatan untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan tahun 2020 adalah guru yang telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan melalui seleksi akademik dan administrasi.

Seleksi akademik telah dilaksanakan 3 kali yaitu pada tahun 2017, 2018 dan 2019. Hasil seleksi akademik tahun 2017 dan 2018 telah diumumkan, sedangkan seleksi akademik tahun 2019 belum diumumkan. Pengumuman hasil seleksi akademik adalah kewenangan Ditjen GTK Kemendikbud. Dengan demikian, guru yang berhak mengikuti PPG Dalam Jabatan tahun 2020 telah memenuhi syarat :
– telah lulus seleksi akademik (pretes) PPG Dalam Jabatan pada tahun 2017 atau 2018,
– dalam seleksi administrasi, setelah dilakukan verifikasi oleh LPMP dinyatakan memenuhi syarat.

Sesuai surat Dirjen GTK tersebut di atas, PPG Dalam Jabatan tahun 2020 pelaksanaannya dibagi dalam 3 angkatan/gelombang. Penetapan nama calon mahasiswa diumumkan secara bertahap mulai tanggal 22 Juni 2020. Para guru dapat mengecek melalui laman sergur.kemdikbud.go.id dengan memasukkan Nomor UKG. “Calon mahasiswa” PPG Dalam Jabatan 2020 wajib melakukan konfirmasi secara online melalui laman sergur.kemdikbud.go.id , sebelum ditetapkan sebagai “mahasiswa PPG”.

Karena masih dalam situasi pandemi covid 19, pada tahun ini PPG Dalam Jabatan sepenuhnya akan berlangsung secara daring. Apabila guru ditempatkan di LPTK luar kota bahkan luar pulau domisilinya sekalipun, disarankan untuk konfirmasi “bersedia”, karena sistem daring sangat praktis dan tidak akan menimbulkan konsekuensi biaya hidup di luar kota.

Demikian pula dalam kondisi khusus misalnya guru dalam keadaan hamil dan HPL nya pada rentang waktu pelaksanaan PPG, dengan sistem daring tidak perlu ragu mengkonfirmasi “bersedia” karena semua aktivitas PPG dapat dilakukan dari rumah.

Informasi lebih lanjut tentang Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan maupun permasalahan pendidikan lainnya dapat dilayani LPMP D.I. Yogyakarta melalui http://ult.lpmpjogja.kemdikbud.go.id/ . (kurnia/SI)

Artikel Lain

PROSES PENEMPATAN CALON MAHASISWA PPG DALJAB KE LPTK

Pada tahun 2020 PPG Dalam Jabatan akan berlangsung sepenuhnya secara daring karena Indonesia masih dalam …

PEMENANG LOMBA BEST PRACTICES PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 DAPAT PENGHARGAAN DARI PUSPRESNAS KEMENDIKBUD

Yogyakarta, LPMP DIY — Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di segala aspek kehidupan. Di bidang …