Info Penting
Home / Berita / Cutt-Off Pengambilan Data Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2019-2020

Cutt-Off Pengambilan Data Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2019-2020

Yth. Bapak/Ibu

  1. Kepala LPMP
  2. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
  3. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi
  4. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  5. Kepala SD, SMP, SMA, dan SMK
  6. Pengawas Satuan Pendidikan

di seluruh Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan hormat kami sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan pendataan pemetaan mutu pendidikan melalui Aplikasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Offline Dikdasmen yang dimulai dari tanggal 9 September 2019 sampai dengan 30 Juni 2020.

Dalam rangka tahapan selanjutnya dalam kegiatan penjaminan mutu pendidikan yaitu analisis data EDS menjadi hasil Rapor Mutu (gambaran 8 SNP) secara nasional dan wilayah Kabupaten/Kota/Provinsi di Indonesia, Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen melakukan cut-off pengambilan data PMP pada tanggal 30 Juni 2020 pukul 23.59 sampai dengan 1 Juli 2020 pukul 06.00. Sehubungan dengan aktifitas cut-off pengambilan data tersebut maka sinkronisasi PMP akan dihentikan sementara waktu dan akan dibuka kembali pada tanggal 1 Juli 2020 pukul 06.00.

Berkaitan dengan kebijakan budaya mutu bahwa penjaminan mutu adalah proses yang dilakukan secara berkelanjutan dan harus menjadi acuan kualitas pendidikan Indonesia, maka aktivitas pemetaan mutu akan tetap dilanjutkan dan sekolah masih terus dapat melakukan pengisian instrumen pada aplikasi EDS Dikdasmen dan pengiriman/sinkronisasi data PMP ke server pusat dilanjutkan selama tahun 2020.

Selanjutnya kami sampaikan penghargaan dan apresiasi kepada LPMP, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Pengawas, dan seluruh sekolah atas kerja sama yang baik sehingga progres terus mengalami peningkatan. Diharapkan peran aktif dari LPMP, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dan juga pengawas sesuai dengan kewenangannya untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Identifikasi permasalahan/kendala yang menyebabkan sekolah belum melakukan sinkronisasi dan menghitung rapor mutu EDS Dikdasmen;
  2. Mendorong sekolah di daerahnya yang belum melakukan pengiriman dan hitung rapor mutu EDS tahun 2020 untuk segera menyelesaikan pengisian data EDS dan melakukan sinkronisasi menggunakan Aplikasi EDS Dikdasmen versi terbaru, serta berkoordinasi dengan pengawas untuk melakukan verval rapor mutu yang telah dihitung oleh sekolah;
  3. Apabila diketahui terdapat sekolah yang tidak beroperasi (non-aktif), Dinas Pendidikan bekerja sama dengan LPMP dan pengawas sekolah tersebut untuk melakukan koordinasi agar data sekolah itu ditandai non-aktif pada manajemen dapodik. Sekolah yang ditandai non-aktif tidak akan terhitung pada progres pengiriman Dapodik yang disinkronkan ke server PMP setiap 1×24 jam.
  4. Installer dan Patch EDS Dikdasmen versi 2020.06.30 akan dirilis sebagai lanjutan penyempurnaan dan perbaikan Aplikasi EDS/PMP 2019-2020 untuk menyelesaikan pemetaan mutu tahun pendataan 2020 yang selanjutnya akan diumumkan pada berita tersendiri pada laman pmp.kemdikbud.go.id/berita.

Demikian atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam Satu Data,

Admin PMP Dikdasmen

Artikel Lain

DI TENGAH PANDEMI COVID 19 PPG DALAM JABATAN TAHUN 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud berdasarkan surat nomor 1845/B.B2/GT/2020 pada tanggal 15 Juni …

PEMENANG LOMBA BEST PRACTICES PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19 DAPAT PENGHARGAAN DARI PUSPRESNAS KEMENDIKBUD

Yogyakarta, LPMP DIY — Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di segala aspek kehidupan. Di bidang …