Home / Berita / BIMBINGAN PENULISAN PTK/PTS LPMP DIY

BIMBINGAN PENULISAN PTK/PTS LPMP DIY

Pengembangan Profesi Guru merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Penulisan PTK/PTS bagi guru dan kepala sekolah merupakan salah satu bentuk pengembangan profesi guru yang sampai saat ini masih jarang sekali dilakukan oleh para guru maupun kepala sekolah. Beberapa faktor yang ditemui di lapangan diantaranya guru tidak terbiasa menulis, kemampuan berbahasa yang kurang, waktu yang terbatas dll. Meskipun demikian, tidak sedikit guru maupun kepala sekolah yang mempunyai kemauan tinggi untuk menulis PTK/PTS akan tetapi tidak faham harus mulai dari mana dan harus menulis apa.

Beberapa kondisi inilah yang mendorong LPMP DIY bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui KKKS untuk melaksanakan bimbingan penulisan PTK/PTS secara mandiri. Hal ini pun sejalan dengan tugas Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yaitu melakukan kerjasama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah.

Di awal tahun 2020, LPMP DIY menjalin kerjasama bimbingan penulisan PTK/PTS dengan Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo melalui KKKS Kecamatan Wates dan Kecamatan Temon. Untuk wilayah Kecamatan Wates, kegiatan IN 1 telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Januari 2019 bertempat di SD N 4 Wates. Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Dikpora Kab. Kulon Progo Drs. Sumarsono, M.Si, Kepala LPMP DIY Minhajul Ngabidin, S.Pd. M.Si beserta jajarannya. Dalam sambutannya Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo menyambut baik dan mengapresiasi para guru dan kepala sekolah yang mempunyai keinginan kuat untuk mengembangkan profesinya. Peserta kegiatan Bimbingan penulisan PTK/PTS Kecamatan Wates diikuti oleh 64 peserta terdiri dari guru dan kepala sekolah jenjang SD di wilayah kecamatan wates dan sekitarnya.

Semangat Bapak/Ibu guru dan kepala sekolah di kecamatan Wates ternyata menular dengan cepat ke wilayah Temon. Dibawah koordinasi KKKS Kecamatan Temon Kab. Kulon Progo memfasilitasi beberapa guru dan kepala sekolah di wilayah kecamatan Temon untuk mengikuti bimbingan penulisan PTK/PTS. Kegiatan Bimbingan penulisan PTK/PTS Kecamatan Temon diawali dengan kegiatan IN 1 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 Januari 2020 bertempat di UPTD PAUD DIKDAS Kecamatan Temon. Kegiatan diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari unsur guru dan kepala sekolah jenjang SD di wilayah Kecamatan Temon dan sekitarnya. Hadir untuk memberikan pengarahan dan motivasi kepada peserta, Dra. Titi Sulistiyani, M.Pd, Kepala Seksi FPMP yang mewakili Kepala LPMP DIY. Pada kesempatan ini beliau menekankan kepada seluruh peserta pentingnya PTK/PTS sebagai bentuk pengembangan profesi guru. Selanjutnya beliau juga berpesan untuk saling berkomunikasi dan saling memotivasi selama proses bimbingan berlangsung agar nantinya seluruh peserta bisa menuangkan seluruh ide dan gagasannya dalam bentuk PTK/PTS dan hasilnya bisa digunakan dalam penilaian angka kredit.

Artikel Lain

PENTING! Daftar Sekolah Belum Update Data Persiapan BOS Tahun 2020

Yth. Bapak/Ibu 1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota 3. Kepala LPMP …

Merdeka Belajar: Perubahan Mekanisme Dana BOS Menjadi Langkah Pertama Peningkatan Kesejahteraan Guru

Jakarta, Kemendikbud — Pemerintah mengubah kebijakan penyaluran dan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Menteri …