Info Penting
Si Jaka Mudik (Sistem Informasi Jaring Kerjasama Mutu Pendidikan)
ZIWBK
Pameran Produk

BERSAMA MEWUJUDKAN KEPALA SEKOLAH YANG BERINOVASI DAN MENJADI TELADAN

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) D.I Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Surakarta, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kab. Sleman (BKPP) dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Diklat IST 1 Calon Kepala Sekolah mulai tanggal 5 s.d 9 Oktober 2021 bertempat di Hotel Satoria Yogyakarta.

Kegiatan  pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah diawali dengan laporan penanggungjawab yang disampaikan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.  Minhajul Ngabidin, S.Pd, S.Si yang dalam laporannya menyampaikan  bahwa kegiatan ini diikuti 33 orang peserta yang berasal dari Kab.Sleman dan 14 orang berasal dari kab. Gunungkidul. Beliau juga menjelaskan bahwa peserta merupakan guru yang telah memenuhi syarat secara administrasi dan telah lulus dalam kegiatan seleksi subtansi yang dilaksanakan oleh LPPKSPS bekerjasama dengan LPMP DI Yogyakarta. Adapun pengajar diklat adalah .Legiman S.Pd,M.Pd., widyaprada LPMP DIY, Drs. Yoko Rimy,S.Pd, dan  Drs Winarto,M.Pd., widyaisawara  Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya (BBPPMPV Senbud). Selama pelaksanaan kegiatan  akan didampingi oleh supervisor, Dr. Hasti Robiasih dari Universitas Sarjanawiyata Yogyakarta.

Di kesempatan yang sama hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Drs. Eri Widaryana, M.M., yang dalam sambutannya menyampaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan pemenuhan kepala sekolah betul-betul sangat diharapkan segera terisi, dan sekarang ini masih dalam suasana dilematis karena pandemi covid dan pembelajaran tatap muka terbatas perlu diperhatikan agar siswa maupun guru terjamin kesehatan maupun keamanan

Di saat pembukaan hadir pula Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Drs. Ali Ridho,M.M., yang menyampaikan pesan kepada peserta bahwa kepala sekolah sebagai top manager  merupakan ujung tombak yang harus mempunyai pemikiran,  inovasi, serta memberikan intervensi kebijakan yang harus lebih memberikan keteladanan atau Huswatun Hasanah.

Kegiatan diklat In Service Training 1 (IST 1) Calon Kepala Sekolah secara  diresmi dibuka oleh kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman, H. Priyo Handoyo, SH,M.Si. yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepala LPMP D.I.Y. beserta jajarannya atas kerjasama yang baik dalam penyelenggaran diklat yang bermanfaat tidak hanya bagi peserta tapi penerapannya nanti juga bermanfaat secara menyeluruh bagi peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Sleman dan kabupaten Gunungkidul. Disampaikan pula bahwa kebutuhan kepala sekolah khususnya di kab.Sleman sudah mendesak karena ada beberapa sekolah yang masih kosong untuk posisi tersebut sehingga diharapkan semua peserta dapat memperoleh sertifikat dan bisa segera diangkat menjadi kepala sekolah.(Maya/FPMP)

Artikel Lain

Perkuat Literasi dan Numerasi, LPMP DIY Laksanakan Koordinasi dan Advokasi Lintas Instansi

Sebagai bagian dari upaya mendorong terwujudnya program pengembangan literasi dan numerasi yang kuat dan solid …

Perkuat Profesionalitas Pegawai, Pusdiklat Kemendikbudristek Bekerjasama dengan LPMP DIY Laksanakan Pelatihan Dasar bagi P3K

(Yogyakarta, 22 Nopember 2021).  Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan kuantitas dan juga kualitas sumberdaya manusia, …